Bawaslu Jateng Pastikan Surat Suara Sama dengan DPT

publicanews - berita politik & hukumKetua Bawaslu Jateng Fajar Subhi. (Foto: jatengtoday)
PUBLICANEWS, Semarang - Ketua Bawaslu Jateng Fajar Subhi memastikan pengawasan tahapan pelipatan dan penyortiran surat suara Pemilu 2019 di Jawa Tengah berjalan optimal.

"Agar surat suara tidak ada yang tercoblos atau tertukar dengan daerah pemilihan lain," kata Fajar seperti dikutip dari Antara, Kamis (14/3).

Pengawasan lebih intensif dilakukan hingga tahapan akhir proses pemilu, yakni Maret 2019. Selain itu, surat suara yang diterima jumlahnya sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada masing-masing TPS.

Dalam pengawasamn surat suara dan jumlah DPT, Bawaslu Jateng berkoordinasi dengan KPUD setempat. Menurut Fajar, Bawaslu telah mengirim tim ke percetakan guna mengetahui jadwal pengadaan dan pengiriman ke KPUD.

"Kami juga minta Bawaslu kabupaten/kota mengawasi proses sortir dan lipat, serta memastikan jumlah surat suara sesuai dengan kebutuhan di lapangan," ia menambahkan.

Selain pengawasan terhadap proses lipat dan sortir surat suara, Bawaslu juga mengawasi calon pemilih yang akan menggunakan hak suaranya namun bukan dari tempat asalnya.

Oleh karena itu KPU harus menjelaskan teknis pelayanan bagi pemilih ppindahan. "Sebab diperkirakan cukup banyak yang mengurus pindah memilih," yhar Fajar. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top