Anak SD Nyanyi 'Kita Pilih Prabowo-Sandi,' Bawaslu: Masih Dicari

publicanews - berita politik & hukumAnak-anak di suatu sekolah menyanyikan lagu 'Kita Pilih Prabowo-Sandi. (Foto: screenshot/media sosial)
PUBLICANEWS, Jakarta - Viral puluhan siswa-siswi SD di suatu kelas menyanyikan lagu 'Kita Pilih Prabowo-Sandi'. Bawaslu meminta tim siber untuk melacak asal sekolah tersebut.

Komisioner Bawaslu Fritz Edward Siregar saat dikonfirmasi, Selasa (26/2), mengatakan belum mengetahui lokasi pasti video itu direkam. Namun, Bawaslu telah meminta dilakukan penyelidikan atas temuan video tersebut.

Menurut Fritz, Bawaslu akan berkoordinasi dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Termasuk membicarakan langkah selanjutnya karena pelibatan anak-anak dalam kegiatan politik diharamkan.

Fritz mengatakan, tak menutup kemungkinan menjerat guru atau pihak yang terlibat dalam video itu. Ia mengimbau semua pihak untuk tidak melakukan kampanye yang melanggar undang-undang.

Terpisah, KPAI dalam pernyataannya mengatakan pelibatan anak-anak dalam kegiatan politik melanggar Pasal l 76 H Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Ketua KPAI Susanto mengatakan pelaku bisa penjara selama lima tahun dan ancaman denda Rp 100 juta.

Sementara itu, Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Rahayu Saraswati (Sara) mengatakan, kubunya tidak pernah memerintahkan timnya untuk melibatkan anak-anak dalam kampanye.

Sara meminta kasus itu diusut tuntas termasuk menyelidiki siapa dalang di balik video yang viral tersebut.

Dalam video yang viral itu anak-anak berseragam dan menyanyi sambil menggerak-gerakkan tangannya dalam suatu ruangan. Seorang siswi tampak berpose simbol jari yang kerap ditunjukkan pendukung paslon nomor urut 02. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top