Walikota Solo Mengaku Cuti Saat Ikut Deklarasi Dukung Paslon 01

publicanews - berita politik & hukumWali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. (Foto: rakyatjateng.fajar.co.id)
PUBLICANEWS, Solo - Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo diperiksa Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) karena menghadiri deklarasi dukungan terhadap paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin pada 26 Januari lalu.

Ia berkilah bahwa saat itu sedang cuti. Ia hadir di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah, atas undangan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo lewat pesan WhatsApp. Ganjarv adalah pemrakarsa acara deklarasi tersebut.

"Walaupun cuti, saya tetap bekerja melayani masyarakat," kata Rudy kepada wartawan di rumah dinasnya, Loji Gandrung, Solo, Rabu (13/2).

Bawaslu melontarkan beberapa pertanyaan soal kapasitas Hadi dalam undangan, siapa saja yang diundang, maupun acaranya. "Kemarin adalah partai pendukung dan pengusung. Yang lainnya tidak, seperti Sragen tidak diundang," ujarnya

"Saya datang ke sana (Bawaslu) kapasitasnya sebagai petugas partai," Ketua DPC PDIP Kota Solo itu menambahkan.

Rudy juga mengklaim ia tidak menggunakan fasilitas negara saat menghadiri deklarasi. "Tidak ada salahnya kita Sabtu-Minggu koordinasi. Dengan catatan hanya Sabtu dan Minggu atau satu minggu sekali cuti," ia menjelaskan.

Dalam deklarasi dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf itu Ganjar menggelar rapat koordinasi bersama Walikota dan Bupati, se-Jawa Tengah. Sedikitnya 31 pimpinan daerah Kabupaten/Kota hadir dalam kesempatan tersebut.

Seusai rapat, Ganjar, FX Hadi Rudyatmo, Bupati Klaten Sri Mulyani, serta sejumlah Bupati lainnya secara bulat menyampaikan dukungannya kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin untuk Pilpres 2019. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top