Diancam Elza Syarief, KPU Tetap Coret Mandala Shoji

publicanews - berita politik & hukumElza Syarief ketika jumpa pers kasus pencoret Mandala Shoji. (Foto: Dok Elza Syarief)
PUBLICANEWS, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap akan mencoret caloin anggota legislatif (caleg) PAN Mandala Shoji. Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, pencoretan mantan artis itu sesuai dengan Undang-undang Pemilu.

Ilham mengaku tidak mengerti apa yang akan dituntut oleh pengacara Elza. "Apa yang dituntut? Kan di undang-undang jelas, kalau terlibat pelanggaran KPU dicoret kalau udah inkrah," kata Ilham di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/2).

Pencoretan Mandala setelah upaya banding ditolak Pengadilan Tinggi DKI Jakarta pada akhir Desember 2018 lalu. "Kalau sudah inkrah, sudah dipenjara 3 bulan, maka dalam ketentuan, kita harus mencoret," Ilham menegaskan.

Sementara itu, Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio mengatakan, partainya mendukung upaya Elza yang mengambil langkah hukum.

Menurut Eko, pelanggaran Mandala bukan tindak pidana. "Cuma perdata aja, dan lagipula juga 3 bulan saja gitu ya. Jadi buat saya ini berharap bisa KPU bisa menyikapinya," katanya.

Eko menambahkan, PAN tidak akan mencoret Mandala. Apalagi Mandala dinilai bisa maksimal menggaet suara.

Elza kembali menegaskan akan mengambil langkah hukum. Ia beralasan tidak ada pelanggaran pidana yang dilakukan kliennya.

Mandala merupakan caleg DPR dapil Jakarta. Ia dinilai terbukti bersalah karena membagikan kupon undian dengan hadiah umrah saat kampanye di Pasar Gembrong Lama, Jakarta Pusat, pada 19 Oktober 2018 lalu.

Pembawa acara Termehek-mehek ini divonis PN Jakarta Pusat pada 18 Desember 2018. Ayah empat anak itu divonis tiga bulan penjara dan denda Rp 5 juta. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top