Bagi Kupon Umrah, Mandala Shoji Dicoret dari Dafter Caleg

publicanews - berita politik & hukumArtis peran Mandala Shoji usai menjalani sidang di PN Jakarta Pusat. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Politikus PAN Mandala Shoji dicoret dari daftar calon tetap (DCT) Pemilu Legislatif 2019 meski namanya masih tercantum di surat suara. Pencoretan Mandala setelah upaya bandingnya ditolak Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

"Tak ada upaya hukum lain lagi. Jadi, kan kami coret," kata Komisioner KPU Ilham Saputra di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (7/2).

Menurut Ilham, andaikan caleg tersebut tetap dipilih maka suaranya akan dialihkan sebagai suara partai. KPU akan melampirkan surat pemberitahuan pada hari pencoblosan 17 April mendatang di dapilnya.

Dalam UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 diatur soal putusan pengadilan tinggi sebagai putusan terakhir dan mengikat sebagaimana Pasal 482 ayat 5.

Artis peran ini terbukti bersalah melanggar aturan pemilu, yaitu membagi-bagikan kupon umrah. Ia divonis hukuman 3 bulan penjara dan denda Rp 5 juta subsider 1 bulan penjara.

Selain Mandala ikut juga dipidana politikus PAN Lucky Andriyani karena melakukan pelanggaran yang sama. Keduanya divonis Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Bungur Besar Raya, pada 18 Desember 2018.

Mandala dan Lucky melakukan kampanye di Pasar Gembrong, Jakarta Timur. Saat itu dibagikan kupon yang berisi hadiah umrah dengan cara diundi andai terpilih sebagai anggota legislatif.

Pemandu acara Termehek-mehek itu merupakan caleg DPR Dapil DKI Jakarta 2 dengan nomor urut 5, sedangkan Lucky adalah caleg Dapil Jakarta Pusat dengan nomor urut 6 dari PAN. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top