Aceh

Jokowi Siap Tes Baca Alquran, Kubu Prabowo Tak Kan Datang

publicanews - berita politik & hukumCalon Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto menunjukkan nomor urut Pemilu Presiden 2019 di Jakarta, Jumat (21/9/2018).  (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Petahana Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan memenuhi undangan ikatan Dai Aceh untuk uji baca Alquran. Acara dijadwalkan berlangsung pada 15 Januari 2019 mendatang.

kepastian itu disampaikan Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma’ruf Amin Provinsi Aceh Ali Raban, Rabu (2/1). Ia mengatakan, lampu hijau kehadiran Jokowi disampaikan tim kampanye nasional. 

“Soal teknisnya mungkin akan dibicarakan dengan panitia. Intinya, Pak Jokowi siap hadir,” ujarnya.

Sebaliknya, kubu pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengatakan tes baca Alquran baru relevan bila diterapkan di Provinsi Aceh. Namun penerapan di Pilpres dianggap bisa memunculkan persoalan.

"Sekarang kalau tes baca Alquran, misalkan, kalau dua-duanya enggak bisa Alquran, dua-duanya mau digugurkan? Kan enggak juga," kata Sekretaris Umum Persaudaraan Alumni 212 Bernard Abdul Jabbar.

Bernard menegaskan tes baca kitab suci tidak termuat dalam UU Pemilu. Prabowo-Sandi juga dipastikan tidak akan menghadiri undangan tersebut. 

Politikus Partai Gerindra Andre Rosiade mengingatkan, isu agama tidak usah diperpanjang lagi, karena empat kandidat capres-cawapresnya muslim semua.

Sebelumnya, wacana tes baca Alquran ini disampaikan Ketua Ikatan Dai Aceh Marsyuddin Ishaq.

Marsyuddin menyatakan materi yang akan diuji yaitu membaca Surat Alfatihah dan satu surat lain yang diambil secara acak. (feh)

Berita Terkait

Komentar(2)

Login
  1. shes one the @siswandi05 Januari 2019 | 09:17:24

    Sebagai nilai tambahan buat capres nanti apa salahnya ..

    Knp harus takut dan walaupun memang tidak termasuk dlm UU Pemilu.

  2. Anak Gaul @gakasikah03 Januari 2019 | 13:04:03

    Ayo sapa berani, utusan ulama mana?

Back to Top