Didiskualifikasi Parpol Tak Lapor Dana Kampanye hingga 2 Januari

publicanews - berita politik & hukumBendera parpol peserta pemilu ( Foto: Qureta)
PUBLICANEWS, Jakarta - Partai politik peserta pemilu 2019 diberi batas waktu melaporkan penerimaan sumbangan dana kampanye hingga 2 Januari 2019. Parpol yang lalai terancam didiskualifikasi.

Hal itu disampaikan Ketua Presidium Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Provinsi DKI Jakarta Dahliah Umar dalam keterangan persnya, Senin (31/12).

"Sesuai dengan UU Nomor 07 tahun 2017 tentang Pemilu, maka peserta pemilu akan didiskualifikasi sebagai peserta pemilu sesuai tingkatannya," kata Dahliah.

Menurutnya, semua peserta baik parpol, caleg, calon DPD, maupun capres-cawapres wajib menyerahkan laporan penerimaan sumbangan dana kampanyenya.

Pelaporan sumbangan dana kampanye ini penting, sebagai upaya transparansi peserta pemilu. Masyarakat juga perlu untuk ikut mengawasi dan mencermati isu ini.

JaDi mengingatkan, pada 2 Januari 2019 yang menjadi batasan waktu itu masih dalam suasana tahun baru. "Jangan sampai itu menjadi alasan untuk peserta pemilu untuk tak melaporkan dananya " ujar Dahliah.

Batas waktu untuk Lingkup DKI pada 2 Januari 2019 sesuai Peraturan KPU Nomor 32 Tahun 2018 serta PKPU Nomor 05 Tahun 2017 tentang Dana Kampanye Peserta Pemilu. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top