Ma'ruf Amin Akan Tetap Bersarung dan Peci Jika Jadi Wapres

publicanews - berita politik & hukumCawapres Ma'ruf Amin tetap bersarung saat mengadakan pertemuan dengan PM Singapura Lee Hsien Loong, 17 Oktober 2018. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengatakan, ia tidak akan mengubah gaya berbusananya andai terpilih menjadi orang kedua pada Pilpres 2019.

"Peci, sorban, dan sarung khas ulama Indonesia. Selama tidak ada aturan yang melarang saya akan menggunakan sarung ini," kata Ma'ruf di rumahnya, Jalan Situbondo, Jakarta Ousat, Rabu (26/12).

Ketua Umum nonaktif MUI ini menjelaskan, busana layaknya identitas diri. Itu sebabnya ia akan mempertahankan sarung karena merasa dibesarkan di lingkungan pesantren.

"Sampai kapan pun akan terus pakai sarung dan peci," ujar Ma'ruf yang pernah menjabat Rais Aam PBNU itu.

Ma'ruf merasa nyaman mengenakan atribut pakaian yang sangat populer bagi santri dan ulama itu.

Niat Ma'ruf tetap bersarung ini pernah ia sampaikan di hadapan para santri Ponpes Sunan Drajat Lamongan, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

"Mudah-mudahan saya bisa tetap pakai sarung, sehingga kita bisa memiliki wakil presiden yang memakai sarung," ujar Ma'ruf Amin disambut tepuk tangan para santri Ponpes Sunan Drajat.

Ma'ruf yang merupakan alumnus Ponpes di Jombang ini juga tampak tetap bersarung saat mengisi kuliah umum di S. Rajaratnam School of International Studies-Nanyang Technological University, Singapura, 17 Oktober 2018 lalu.

"Mungkin pertama kali ada pemakalah di kesempatan (public lecture) ini yang memakai sarung," kata Ma'ruf berkelakar, dalam awal sambutannya. Hadirin pun tertawa.

Saat itu, ia menjelaskan bahwa sarung merupakan pakaian ulama di Indonesia. Bahkan, Ma'ruf bercerita setelah dipinang menjadi cawapres sempat bertanya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) apa perlu berganti kostum.

"Pak Jokowi, apa saya harus ganti kostum?" ujar Ma'ruf. Namun, ternyata Jokowi malah menghendaki ia tak mengubah penampilan dan tampil apa adanya sebagai ulama.

"Karena itu, saya di manapun, sepanjang tidak dilarang, saya akan memakai sarung ya. Walaupun saya juga punya celana," ujar Ma'ruf, kembali membuat peserta terbahak-bahak. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top