PKS dan PBB Absen Penandatanganan Pakta Integritas KPK

publicanews - berita politik & hukumPimpinan KPK dan elit parpol peserta Pemilu 2019 usai penandatanganan Pakta Integritas SIPP di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (4/12) siang. (Foto: Publicanews/Hartati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Sebanyak 14 dari 16 partai politik peserta Pemilu 2019 telah menandatangani pakta integritas Sistem Integritas Partai Politik (SIPP). Program ini diinisiasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dua partai yang tidak hadir adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Acara Penandatanganan SIPP berlangsung di Aula Birawa, Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (4/12), bersamaan dengan Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi (KNPK).

Adapun empat poin integritas yang diteken para pimpinan parpol itu adalah, menghasilkan calon pemimpin berintegritas, meminimalkan risiko korupsi politik dan penyalahgunaan kekuasaan, instrumen kepatuhan SIPP, dan menghasilkan tata kelola keuangan yang akuntabel.

Mengenai ketidakhadiran PKS dan PBB, Juru Bicara KPK Febri Diansyah menjelaskan, meski tidak hadir namun kedua parpol menyatakan setuju dengan pakta integritas ini.

Menurut Febri, sebelum acara penandatanganan digelar, KPK terlebih dahulu mendatangi setiap parpol. Mereka semua menyambut positif.

"Itu artinya apa, ada keinginan bersama untuk membuat beberapa pondasi perbaikan ke depan. Bahwa hari ini tidak datang, tentu tidak berarti tidak ikut mendukung dan tidak berkomitmen mewujudkan SIPP," Febri menandaskan. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top