Survei Median

Unggul 12 Persen, Jokowi-Ma'ruf Belum Aman

publicanews - berita politik & hukumKedua pasangan capres dan cawapres Pilpres 2019 saat pengambilan nomor urut di KPU, 21 September 2018. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Lembaga riset Median merilis survei elektabilitas pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2019. Hasilnya, elektabilitas pasangan petahana Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin sebesar 47,7 persen, sedangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 35,5 persen.

"Pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul atas Prabowo-Sandi dengan selisih 12 persen," kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun di Resto Bumbu Desa, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Selasa (27/11).

Menurutnya, posisi pasangan nomor urut 01 itu belum aman karena masih di bawah 50 persen. "Jaraknnya ini bisa dikejar karena selisih hanya 12 persen." ujar Rico.

Hasil survei ini, ia menambahkan, menjadi pekerjaan rumah bagi Jokowi ataupun Prabowo. "Jokowi harus lebih bak dari ini, Prabowo juga perlu evaluasi karena sudah tiga kali ikut pilpres," kata Rico.

Survei Median dilakukan menyodorkan pertanyaan kepada responden, 'jika pemilihan presiden dilakukan saat ini, pasangan manakah yang anda pilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia?'

Tercatat sebanyak 16,8 persen responden yang belum menentukan pilihannya (undecided votters). Survei dilakukan pada 4-16 November 2018 terhadap 1.200 responden yang telah memiliki hak pilih.

Metode pengambilan sampel secara acak atau multistage random sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender. Margin of error +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top