Minta Muhammadiyah Bersikap, Amien Rais: Saya Jewer Haedar Nashir

publicanews - berita politik & hukumKetua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dan Ketua Dewan Kehormatan DPP PAN Amien Rais (tengah) menghadiri halal bihalal di Pondok Pesantren Al-Ishlah, Bondowoso, Jawa Timur (23/7/2017) (Foto: kanigoro.com)
PUBLICANEWS, Jakarta - Penasihat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Amien Rais mendesak PP Muhammadiyah menentukan sikap dalam Pilpres 2019. Ia mengancam akan 'menjewer' Ketua Umum Haedar Nashir.

Ancaman mantan Ketua Umum Muhammadiyah itu ia sampaikan dalam Tabligh Akbar dan Resepsi Milad ke-106 Masehi Muhammadiyah di Islamic Center Surabaya, Selasa (20/11).

"Tidak boleh seorang Haedar Nashir memilih menyerahkan ke kader untuk menentukan sikapnya di Pilpres. Kalau sampai seperti itu akan saya jewer," ujar mantan Ketum PAN ini.

Amien menjelaskan, bukan merupakan fatwa jika pimpinan menyerahkan sendiri-sendiri ke kader terhadap siapa suaranya akan diberikan. Dalam situasi ini diperlukan ketegasan demi terwujudnya pemimpin yang sesuai harapan.

"Sekali lagi, kalau sampai itu dilakukan maka akan saya jewer. Pemilihan Presiden ini menentukan satu kursi dan jangan sampai bilang terserah," Ketua Dewan Penasihat Persaudaraan Alumni 212 itu menambahkan.

Amien mengatakan sikap Muhammadiyah secara organisasi selanjutnya disampaikan ke umat sehingga pada 17 April 2019, saat pencoblosa, sudah tidak terjadi perdebatan memilih.

"Pilih pemimpin yang beriman, diyakini dan tidak diragukan keislamannya. Tanpa harus saya sebut nama, pasti Muhammadiyah sudah tahu," katanya.

Namun, Amien menambahkan, mengenai pemilihan legislatif PP Muhammadiyah tidak perlu membuat sikap. Pasalnya kader Muhammadiyah ada di semua parpol.

"Kalau Pileg saya masih bisa paham, sebab kader Muhammadiyah itu ada di PAN, PKS, PPP, bahkan Golkar dan lain-lain," ujar guru besar ilmu politik UGM itu.

Dalam Pilpres 2019, Amien dan PAN mengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandaiga Uno. Duet ini menantang petahana Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top