12 Kepala Daerah di Riau Deklarasi Dukung Jokowi, Mendagri: Boleh

publicanews - berita politik & hukumDeklarasi 12 Kepala Daerah se-Riau kepada Jokowi-Ma'ruf Amin di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Rabu (10/10). (Foto: Projo)
PUBLICANEWS, Palembang - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan tidak ada yang salah bila kepala daerah memberikan dukungan kepada pasangan calon presiden peserta Pilpres 2019.

Menurutnya, kepala daerah merupakan jabatan politis yang dipilih dari partai politik dan gabungan partai politik. Tugas gubernur, bupati, dan walikota, kata Tjahjo, menyerap aspirasi masyarakat.

"Kalau mau deklarasi boleh, tapi nggak boleh pakai aset pemda," ujar Tjahjo Kumolo di Palembang, Kamis (11/10).

Politisi PDIP itu juga mengingatkan, deklarasi tidak boleh menggunakan anggaran daerah. Tanpa terkecuali biaya perjalanan atau fasilitas jabatan.

"Kalau menyampaikan aspirasi dukung pasangan A atau B ke Jakarta ya boleh, tapi jangan pakai SPJ bupati," katanya.

Tjahjo menyarankan sebisa mungkin untuk terlibat deklarasi atau kampanye dilakukan Sabtu atau Minggu. Tanpa menggunakan anggaran dan tidak didampingi aparat.

Seperti diketahui, Bawaslu Riau telah memanggil dan akan memeriksa 12 kepala daerah yang akan mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi.

"Pada pemanggilan nanti kita ingin memperjelas lebih jauh seperti apa kronologis kejadian dan apa maksud dan tujuan kegiatan tersebut," kata Ketua Bawaslu Rusidi Rusdan dalam siaran persnya, kemarin sore.

Rusdi menyebutkan pejabat negara yang melakukan tindakan menguntungkan atau merugikan salah satu peserta Pemilu, sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017, terancam hukuman penjara maksimal 2 tahun dan denda Rp 24 juta.

Seperti diketahui, 12 kepala daerah di Riau dengan dipimpin Gubernur terpilih Syamsuar dan Wakil Gubernur Edy Natar mendeklarasikan dukungan kepada Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Hotel Aryaduta, Pekanbaru, bersama Relawan Projo, siang kemarin.

Kepala daerah yang hadir yaitu Walikota Pekanbaru Firdaus (Partai Demokrat), Bupati Kampar Azis Zainal (PPP), Bupati Kuansing Mursini, Bupati Meranti Irwan Nasir (Ketua PAN Riau).

Kemudian, Walikota Dumai Zulkifli AS, Bupati Inhil M Wardan (Golkar), Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Bupati Rokan Hulu Sukiman (Ketua DPC Gerindra), dan Bupati Rokan Hilir Suyatno (PDIP).

Termasuk dua bupati yang memberi dukungan meski tidak hadir yaitu Bupati Pelalawan M Haris dan Bupati Inhu Yopi Ariyanto. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top