PKS Tanggapi Niat Megawati Populerkan Salam Pancasila

publicanews - berita politik & hukumKetua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: Instagram/ibumegawati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyatakan ingin mempopulerkan Salam Pancasila sebagai upaya memupuk semangat nasionalisme dan persatuan bangsa.

Pernyataan Mega pada peresmian kompleks rumah adat atau baileo, monumen, dan jalan Ir. Soekarno, di Masohi, Maluku Tengah, kemarin itu, disambut positif oleh PKS.

Namun, menurut Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera, kalangan milenial atau anak muda juga memerlukan contoh dan teladan dari para elite untuk membumikan Pancasila.

Ia menyindir polemik tes wawasan kebangsaan yang membuat 75 pegawai KPK gagal menjadi ASN.

"Membantu 75 pegawai KPK yang sudah membuktikan kontribusinya adalah bentuk membumikan Pancasila. Aksi menghukum para koruptor adalah pelaksanaan sila kelima Pancasila," ujar Mardani kepada wartawan, Kamis (24/6).

Kemarin, Megawati menyatakan tekadnya untuk mempopulerkan Salam Pancasila. "Kalau sekarang saya mau banyak menyebutkan Salam Pancasila. Saya hendak mempopulerkannya, karena setelah merdeka kita punya dasar negara Pancasila. Untuk mengingatkan kita kembali sebagai nasionalis yang cinta pada negara ini," ujarnya.

Presiden kelima RI itu mengatakan Salam Pancasila sama seperti pekik Merdeka yang kerap digaungkannya untuk mengingatkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang merdeka.

"Dulu saya pekikkan 'merdeka', orang menertawakan saya. Katanya, sudah merdeka, kenapa pekik-pekik merdeka? Itu sebenarnya saya lakukan untuk mengingatkan bahwa kita adalah bangsa merdeka. Jangan mau dijajah lagi," kata Megawati.

Ia menambahkan, Salam Pancasila bisa diucapkan setelah memekikkan Merdeka. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Anak Gaul @gakasikah28 Juni 2021 | 07:41:42

    Kebagian, peran nyinyir . Semoga manfaat. Kali. 🤣

Back to Top