Sederet Artis Juga Kena Covid-19, Dari Mana?

publicanews - berita politik & hukumBunga Citra Lestari (kanan) dan Dena Rachman (kiri) bersama para penari latar tengah menjalani isolasi mandiri. (Foto: instagram/@bclsinclair)
PUBLICANEWS, Jakarta - Satgas Covid-19 melaporkan total kasus di Indonesia telah mencapai 1.989.909 orang, dan yang meninggal 54 ribu jiwa.

Kabar buruk lainnya, telah ditemukan varian baru yang lebih cepat dan berbahaya, yakni B.1466.2 yang khas Indonesia. Entah ada hubungannya atau tidak, belakangan kasus positif corona di Indonesia melonjak.

Tidak hanya masyarakat biasa, pada Juni ini sudah ada belasan pekerja seni yang positif tertular. Siapa saja mereka?

Sutradara Haming Bramantyo terkonfirmasi positif akibat tertular dari putrinya Sybil yang demam berkepanjangan. Asisten dan anaknya juga tertular.

"Kemarin ada yang meriang, demam dan gak enak badan.. ku liat mukanya (Hanung) ko persis Syb Kala di 2 hari pertama," ujar sang istri Zaskia Mecca lewat akun @zaskiadyamecca, Jumat (18/6).

Covid-19 juga menghampiri tubuh aktor Ringgo Agus Rahman yang terpaksa menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di kawasan Bintaro, Tanggerang Selatan sejak Minggu (13/6) pekan lalu.

"Jadi, saya kena Covid kemarenan, sekarang dalam kondisi yang baik dan sedang dalam masa penyembuhan. Dirawat di RS selama 8 hari," ujar Ringgo yang kini sudah kembali ke rumah, Kamis (17/8).

Penyanyi cantik Bunga Citra Lestari tak luput dari virus asal Wuhan, China, itu. Ia mengumumkan positif pada Senin (14/6) lalu. BCL rajin memberikan kabar perkembangannya dan selalu mengingatkan masyarakat menjaga kesehatan.

"Aku sedang karantina mandiri dan insya Allah akan pulih secepatnya, aku mengimbau semua orang untuk mengambil semua langkah untuk tetap aman dan sehat.. Kumohon jaga dirimu dan orang-orang yang kau cintai. Bangun imunitas dan anggap hal ini penting.. Aku akan menemui kalian secepatnya," tulis @bclsinclair, Kamis (17/6).

Selama karantina, BCL ditemani artis Dena Rachman yang juga terkonfirmasi positif. Dena menyampaikannya lewat media sosial.

"Mode isolasi aktif! Saya dinyatakan positif covid-19 kemarin dengan gejala sangat ringan CT 36. Terima kasih atas doa baik kalian! Tetap waspada, lovs," Dena menuturkan.

Selain itu, dua personel grup musik Gigi juga terkonfirmasi positif, yakni Aria Baron dan Thomas, Senin (14/6). Aria dirawat intensif di RSPAD Gatot Soebroto. "Tim dokter yang menangani Baron kemarin sudah menyatakan alhamdulillah sudah cukup plasma darah yang dibutuhkan," kata vokalis Armand Maulana, Kamis (17/6).

Artis Haykal Kamil mengalami nasib yang sama, yang ditandai dengan hilangnya indera penciuman. "Sampai sekarang masih anosmia, jadi makan apapun masih rada hambar. Jadi inget selama ini kurang bersyukur, ketika nikmat-Nya dicabut sedikit saja langsung baru sadar. Ya Tuhan ampuni kami yang banyak khilaf ini. Jaga kesehatan ya semua," tulis @haykalkamil, Selasa (15/6).

Sementara Syahnaz Sadiqah, adik Raffi Ahmad, mengabarkan suaminya Ritchie Ismail alias Jeje Govinda positif. Beruntung, Syahnaz dan anak kembarnya berada di Bandung.

Begitu juga musisi Anindyo Baskoro alias Nino RAN. Hal tersebut membuatnya menunda beberapa jadwal kegiatan. "Harusnya bakal banyak kegiatan seru minggu ini tapi apa daya kena covid juga. Mohon doanya agar cepat sembuh," tulis @ninokayam, Rabu (16/6).

Badan Kesehatan Dunia WHO memperingatkan bahwa pada tahun kedua pandemi Covid-19 akan lebih mematikan. Aktor komedian Fuad Alkhar atau akrab disapa Wan Abud juga menerima serangan virus tersebut. Tidak seperti artis lainnya, Wan Abud meninggal setelah berjuang melawan Covid-19.

Awalnya, aktor 63 tahun itu mengalami demam selama lima hari dan tidak kunjung sembuh.

Dari mana Tertular?
Hanung positif corona setelah kontak erat dengan putrinya SybIl dan seorang asistennya saat berada di Yogyakarta.

Ringgo justru menduga mendapatkannya setelah menerima vaksi keua. "Mungkin akibat vaksin yang akhirnya gejala yang saya rasakan nggak ada gimana-gimana. Semua kerasa baik-baik saja. Penciuman sempat hilang 2 hari, sisanya segar-segar saja tiap hari," katanya.

Sementara, BCL mengaku positif ketika berinteraksi langsung dengan para penari latarnya, termasuk Dena Rachman. Ia juga sempat liburan di Bali.

Selama perawatan, Baron terpaksa membutuhkan donor plasma darah konvalesen dari penyintas dengan golongan darah B rhesus positif.

Adapun Haykal memiliki riwayat penyakit asma sehingga sangat mudah tertular. "Dengan punya riwayat asma, awalnya sesek nafas cukup parah namun sembuh seiring berjalan waktu," ujarnya. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top