Ketua Muhammadiyah: Jokowi Sukses Lemahkan KPK

publicanews - berita politik & hukumKetua Pengurus Pusat Muhammadiyah Bidang Hukum Busyro Muqoddas. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah Bidang Hukum Busyro Muqoddas menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama partai politik telah berhasil melemahkan KPK. Kisah sukses Pemerintah dan DPR itu diawali sejak revisi UU KPK.

"Sebagai pelumpuhan KPK yang sempurna, ini bisa dikatakan sebagai success story dari Pak Jokowi," kata Busyro di Fisipol Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam diskusi daring 'Agenda Mendesak Penguatan KPK', Sabtu (19/6).

Kisah sukses terus berlanjut hingga kisruh tes wawasan kebangsaan (TWK). Ia melihat tidak ada satu pun parpol yang benar-benar peduli dengan upaya penguatan KPK. Sebaliknya, ia menambahkan, mereka menghendaki KPK dilemahkan dan dilumpuhkan. "Tidak ada satu pun sensitivitas dari parpol terhadap 75 pegawai KPK," ujarnya.

Menurut Ketua KPK 2010-2011 itu, banyak pihak yang memang takut dengan independensi KPK. Jika KPK menguat banyak yang mengalami kesulitan untuk bermain dan mengeksploitasi ekonomi demi kepentingan pribadi dan kelompoknya.

Busyro menilai telah terjadi pembiaran sehingga membuatnya hampir kehilangan kepercayaan kepada Jokowi. "Kita berharap sampai pada akhir bulan November atau September ini, jika Presiden membatalkan hasil TWK itu, maka kita punya harapan pada negara ini," ia menegaskan.

Jika sampai bulan itu, ia menambahkan, Jokowi tidak membatalkan TWK dan pemulihan 75 pegawai, maka sudah terang benderang bahwa tidak bisa lagi berharap kepada Jokowi. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top