Pormosikan 'Bipang Ambawang', Jokowi Bikin Riuh Medsos

publicanews - berita politik & hukumPresiden Joko Widodo menyampaikan pesan tidak mudik tetapi pesan makanan khas daerah lewat daring. (Foto: YouTube)
PUBLICANEWS, Jakarta - Imbauan Presiden Joko Widodo agar tidak mudik ke kampung halaman dan menyarankan pesan kuliner khas daerah secara daring membuat riuh warganet. Pasalnya, dalam pesan Jokowi itu, ikut disebutkan makanan 'bipang Ambawang' dari Kalimantan.

"Untuk Bapak/Ibu dan Saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasannya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online," ujar Jokowi dalam pesan yang diunggah Kementerian Perdagangan, seperti terlihat di akun YouTube, Sabtu (8/5).

Video yang diunggah pada Rabu lalu itu bertajuk '05.05 Hari Bangga Buatan Indonesia'. Isinya acara peringatan bangga dengan produk lokal.

"Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang Ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya, tinggal pesan. Dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," ujar Jokowi dalam imbauannya.

Penyebutan 'bipang Ambawang dari Kalimantan' mengundang reaksi. Salah satu akun Twitter @BossTemlen yang ikut menunggah imbauan Jokowi tersebut telah diputar ulang ribuan kali dan menuai beragam reaksi warganet. Bahkan dijelaskan 'bipang Ambawang' merupakan tempat makan yang menyajikan babi panggang di Kalimantan Barat.

Tak ketinggalan, akun Instagram Bipang Ambawang juga ikut mengunggah video pidato Jokowi tersebut. Tentu saja, disertai ucapan terima kasih karena merasa telah naik pamor dipromosikan Jokowi.

Penjelasan tampak dilakukan Juru Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman. Ia berusaha menjelaskan bipang yang dimaksud dalam narasi Jokowi.

"Ini BIPANG atau JIPANG dari beras. Makanan kesukaan saya sejak kecil hingga sekarang. BIPANG atau JIPANG dari beras inilah yang dimaksud Presiden @jokowi Terimakasih," tulis Fadjroel, lewat akun resminya @fadjroelrachman, Sabtu siang ini.

Namun, kurang dari satu jam, Fadjroel mengubah narasi di akunnya. Ia hanya menyebutkan bipang masih hits sampai sekarang. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top