MA Batalkan SKB 3 Menteri Soal Atribut Agama di Sekolah

publicanews - berita politik & hukumIlustrasi siswi sekolah. (Foto: suhanews)
PUBLICANEWS, Jakarta - Mahkamah Agung (MA) membatalkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri tentang penggunaan pakaian seragam dan atribut karena dianggap bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

MA dalam putusannya memerintahkan Menteri Agama (Termohon I), Mendikbud (Termohon II), dan Mendagri (Termohon III) mencabut SKB soal larangan mewajibkan seragam di sekolah yang diteken pada Februari menyusul heboh siswi non-muslim wajib mengenai jilbab di sekolah negeri di Padang, Sumatera Barat.

Menanggapi hal itu, Kemendikbudristek mengatakan menghormati keputusan MA dan akan melakukan koordinasi Kemenag dan Kementerian dalam Negeri (Kemendagri).

Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek Jumeri mengatakan, upaya menjaga prinsip-prinsip perbedaan, kebhinekaan, dan tolerani menjadi hal mutlak bagi peserta didik di sekolah.

"Bagi kami upaya menumbuhkan dan menjaga semangat kebinekaan, toleransi, moderasi beragama di dalam lingkungan sekolah negeri merupakan hal mutlak yang harus diterapkan," ujar Jumeri adalam rilisnya, Jumat (7/5).

Dikutip dari petikan putusan MA, Jumat, Hakim MA menilai SKB mengenai pakaian seragam bertentangan dengan Pasal 10, Pasal 11, dan Pasal 12 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah; Pasal 1 angka 1 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Ketua Majelis Hakim Yulius didampingi Irfan Fachrurin dan Is Sudaryanti menyatakan SKB tersebut juga bertentangan dengan Pasal 1 angka 1 dan 2 UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan; dan Pasal 1 angka 1 dan 2, Pasal 3, dan Pasal 12 ayat (1) huruf a UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Gugatan soal atribut keagamaan itu masuk dalam perkara dengan nomor: 17/P/HUM/2021 yang diajukan oleh Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Cewek Kepo @ceweKepo09 Mei 2021 | 10:16:55

    Walah harga8 keberagamqn to. Negeri Pancasila ini.

Back to Top