Tanpa Konvensi, Golkar Tunjuk Ketum Jadi Capres 2024

publicanews - berita politik & hukumMenko Perekonomian Arilangga Hartarto. (Foto: Biro Pers Setpres)
PUBLICANEWS, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi calon tunggal partai beringin untuk Pilpres 2024. Desakan untuk menjadikan Menko Perekonomian itu sebagai capres dinilai sudah kuat sehingga tidak perlu konvensi.

"Desakan yang meminta Pak Airlangga untuk menjadi capres sudah sangat kuat sehingga tidak perlu konvensi,” kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily dalam rilis survei nasional Indikator, Selasa (4/5).

Menurut Wakil Ketua Komisi VIII ini, sosialisasi Airlangga sebagai capres terus dilakukan. Meski demikian, keberhasilan Airlangga sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPN) tidak akan dimanfaatkan untuk mendongkrak elektabilitasnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi mengatakan elektabilitas Airlangga di angka satu persen. Di sisi lain, sebanyak 65,7 persen masyarakat sangat puas dalam penganan pandemi oleh pemerintah.

"Airlangga sebagai Ketua Komite Penanganan Covid plus Menteri Koordinator seharusnya yang paling berhak mendapatkan insentif elektoral,” ujar Burhanuddin.

Menurutnya, masyarakat perlu diberi pemahaman mengenai keberhasilan Airlangga dalam penanggulangan wabah Covid-19. "Kalau masyarakat tidak tahu bahwa Airlangga itu ketua komite, insentif elektoralnya tidak bisa didapatkan. Bisa-bisa masyarakat memberikan insentif elektoralnya kepada yang lain, yang mungkin lebih kelihatan,” ia menambahkan.

Dalam survei Indikator yang digelar pada 13-17 April lalu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meraih elektabilitas tertinggi yakni 15,7 persen. Disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (14,6), Prabowo Subianto dengan elektablitas 11,1 persen. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top