Survei Litbang Kompas

Anies Baswedan ke-3, Setelah Jokowi dan Prabowo

publicanews - berita politik & hukumGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Jusuf Kalla saat masih menjabat Wakil Presiden RI. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan menduduki peringkat tiga dalam survei elektabilitas calon presiden. Hasil tersebut berdasar survei Litbang Kompas yang digelar pada 13 hingga 16 April 2021 lalu.

"Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki elektabilitas 10 persen," demikian rilis Litbang Kompas, Selasa (4/5).

Responden diberi pertanyaan 'jika pemilu presiden dilakukan saat ini, menurut Anda siapakah tokoh yang paling layak menjadi presiden?'

Posisi Anies di bawah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan elektabilitas 16 persen. Posisi teratas diraih Presiden Joko Widodo dengan 24 persen, meskipun secara konstitusi sudah tidak mungkin mencalonkan lagi sebagai presiden.

Litbang Kompas sebelumnya mengadakan survei serupa pada Oktober 2019, Agustus 2020, dan Januari 2021. Pada survei Januari 2021 lalu, Prabowo dan Anies hanya terpaut dua persen. Pada April, Prabowo berhasil meninggalkan Anies dengan jarak elektabilitas 6 persen.

Litbang Kompas melakukan survei dengan mengambil 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi. Toleransi kesalahan dalam survei ini kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut hasil survei elektabilitas calon presiden:
Joko Widodo: 24 persen
Prabowo Subianto: 16 persen
Anies Baswedan: 10 persen
Ganjar Pranowo: 7 persen
Sandiaga Uno: 4 persen
Ridwan Kamil: 3 persen
Agus Harimurti Yudhoyono: 3 persen
Basuki Tjahaja Purnama: 3 persen
Tri Rismaharini: 2 persen
Gatot Nurmantyo: 2 persen
Mahfud Md: 1 persen
Lainnya: 2 persen
Tidak menjawab : 21 persen. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Anak Gaul @gakasikah08 Mei 2021 | 19:02:43

    Jangan yg jadul pokoknya. Gantianlah. Yang manfaat aja.

Back to Top