Peringati Hardiknas, Nadiem Banggakan Program Merdeka Belajar

publicanews - berita politik & hukumNadiemMakarim usai dilnatik sebagai Mendikbud-Ristek di Istana Negara. (Foto: Instagram/nadiemmakarim)
PUBLICANEWS, Jakarta - Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim menjanjikan akan terus memperbaiki pendidikan di Indonesia dengan transformasi melalui terobosan 'merdeka belajar'.

Nadiem menegaskan hal itu dalam sambutan upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang digelar secara virtual, Minggu (2/5).

Menurut Nadiem, peringatan Hardiknas menjadi refleksi apa saja yang sudah dikerjakan sekaligus apa saja yang perlu diperbaiki. Ia menjelaskan soal lembaran baru pendidikan Indonesia yang dimaknai sebagai transformasi.

"Transformasi yang tetap bersandar pada sejarah bangsa, dan juga keberanian menciptakan sejarah baru yang gemilang," katanya.

Ia menekankan pentingnya Pancasila. "Saya ingin anak-anak Indonesia menjadi pelajar yang menggenggam teguh falsafah Pancasila," ujarnya.

Nadiem menegaskan mengenai hakikat kemerdekaan belajar. Pelajar yang merdeka sepanjang hayat dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri.

"Karenanya, kementerian ini secara konsisten terus melakukan transformasi pendidikan melalui berbagai terobosan merdeka belajar," ia menegaskan.

Mengenai program merdeka belajar, ia menyebutkan 4 upaya yang telah dilakukan. Pertama, perbaikan infrastruktur dan teknologi. Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan..

"Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. Keempat, perbaikan kurikulum, pedagogi dan asesmen," ia menambahkan.

Pemilik decacorn Gojek itu mengklaim inovasi yang telah ia lakukan mengubah wajah pendidikan Indonesia.

"Sejak saya menjabat sampai dengan saat ini, termasuk pada masa pandemi, sepuluh episode merdeka belajar telah diluncurkan dan akan masih banyak lagi terobosan-terobosan merdeka belajar yang akan kita lakukan," katanya. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top