Hari Ini, 50 Ribu Buruh Demo Kembali Tolak UU Ciptaker

publicanews - berita politik & hukumIlustrasi aksi buruh. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta -Sebanyak 50 ribu buruh akan turun ke jalan dalam memperingati Hari Buruh atau May Day yang jatuh pada hari ini, Sabtu (1/5).

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan buruh menegaskan kembali penolakan UU Cipta Kerja.

Said merinci puluhan ribu massa buruh tersebut tersebar di 3.000 perusahaan/pabrik, 200 kabupaten/kota, dan 24 provinsi.

Massa juga datang dari sejumlah elemen mahasiswa seperti BEM ITB, UNJ, Unand. Termasuk dari Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI).

"Mahasiswa dan buruh akan bergerak bersama untuk menyuarakan satu tuntutan yang sama, yaitu penolakan terhadap omnibus law UU Cipta Kerja," dalam keterangannya, Jumat (30/4).

Khusus di Jakarta, aksi May Day akan difokuskan di tiga titik yaitu Istana Negara, Gedung MK, dan Patung Kuda.

"Kami masih menunggu hasil koordinasi dengan aparat keamanan tentang jumlaj pendemo yang diizinkan, tetapi kita tetap harus penuhi protokol kesehatan," ia menambahkan.

Said mengimbau aksi buruh tetap menjaga protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, seperti melakukan rapid antigen, menggunakan masker, handsanitizer, dan menjaga jarak. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top