PKB Siap Pimpin Poros Partai Islam, Usung Anies Baswedan?

publicanews - berita politik & hukumGubenrur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Wacana pembentukan poros Partai Islam dalam Pemilu 2024, khususnya dalam pilpres, ditganggapi antusias partai Islam terbesar PKB. Politikus PKB Syaiful Huda mengatakan PKB siap memimpin poros ketiga itu.

"Prinsipnya kita open terkait koalisi Poros Islam ini, bahkan siap menjadi pemimpin dari partai-partai berbasis masa Islam ini,” kata Syaiful Huda, Sabtu (17/4).

Mengutip pakar tata negara Refly Harun, Syaiful Huda membenarkan bahwa tanpa PKB maka poros Partai Islam tidak akan terbentuk.

“Apa yang disampaikan Refly Harun sangat relevan ya, menurut kami. Karena apa? Karena PKB kan partai Islam pemenang di Pemilu 2019 lalu,” ujarnya.

Ketua Komisi X DPR itu menambahkan, PKB merupaka partai berbasis masa Islam terbesar di Indonesia dibanding partai berhaluan agamis lainnya.

Kemarin, melalui kanal YouTube, Refly Harun mengatakan pembentukan Partai Poros Islam atau Poros Ketiga tidak akan terwujud jika PKB tidak bersedia bergabung.

“PKB menjadi penentu bagi Poros Islam kalau mau terbentuk. Dan kalau tidak, maka Poros Islam itu tidak akan ada," kata Refly dalam video bertajuk 'Poros Islam Dukung Anies di 2024'.

Refly menyebutkan PKS dan PPP jika benar bersekutu maka perlu tambahan satu partai lagi untuk mengusung calon presiden. Hal itu hanya bisa dimungkinkan jika PKB bergabung setelah PAN menyatakan menolak.

Mengenai calon presiden Poros Islam ini pernah pula disinggung politikus PKS Mardani Ali Sera. Namun, ia hanya menyebutkan bahwa kandidat yang bakal diusung Poros Islam selalu masuk lima besar dalam berbagai survei elektabilitas capres.

Tampaknya, nama itu condong merujuk kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top