AJI Minta Komnas HAM Kawal Kasus Penganiayan Jurnalis Tempo

publicanews - berita politik & hukumOlah tempat kejadian perkara kasus dugaan kekerasan terhadap jurnalis Tempo Nurhadi. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia minta Komnas HAM agar memastikan proses peradilan kasus penganiayaan terhadap Nurhadi, jurnalis Tempo. AJI menemui Komnas HAM di Jakarta, Jumat (16/4).

"AJI melapor ke Komnas HAM, meminta Komnas untuk mengawal kasus ini di kepolisian secara tuntas,” kata Ketua Umum AJI Sasmito kepada wartawan, siang ini.

Sasmito meminta Komnas berkirim surat ke kepolisian untuk memastikan penanganan kasus dan semua pelaku diproses secara hukum sampai pengadilan dan divonis.

Menurut AJI, Nurhadi berprofesi sebagai jurnalis maka bisa dikategorikan sebagai pembela HAM karena memperjuangkan kepentingan hajat hidup orang banyak. Pembela HAM memiliki hak atas perlindungan, dan merupakan tanggung jawab Negara untuk memastikan perlindungan ini.

"Agar pembela HAM dapat melaksanakan pekerjaan mereka yang penting dan sah," katanya.

AJI merujuk kerja-kerja jurnalis yang telah dijamin oleh Undang-undang No 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Kasus Nurhadi ini tengah ditangani Polda Jatim. Diduga Nurhadi mengalamai penganiyaan yang dilakukan oleh oknum anggota Polrestabes Surabaya. Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta telah membentuk tim khusus untuk mengungkap kasus tersebut.

Nurhadi juga telah melaporkan kasus yang dialaminya ke Divisi Propam Mabes Polri. Ia berencana membuat laporan ke Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Ombudsman, hingga Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Nurhadi mengalami tindak kekerasan dan penganiayaan saat ingin melakukan konfirmasi kepada eks Direktur Pemeriksaan Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Angin Prayitno Aji terkait kasus suap pajak dan status Angin sebagai tersangka oleh KPK.

Nurhadi dianiaya saat hadir tanpa undangan di acara resepsi pernikahan anak Angin dengan anak mantan Karo Perencanaan Polda Jatim Kombes Achmad Yani di Gedung Graha Samudera Bumimoro, Surabaya, Sabtu (27/3) lalu. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top