Survei LPMM

Iriana Joko Widodo Kandidat Terkuat Kedua Setelah Puan untuk RI 1

publicanews - berita politik & hukumPresiden Joko Widodo dan Iriana. (Foto: Instagram/iriana_jokowi)
PUBLICANEWS, Jakarta - Ibu Negara Iriana Joko Widodo menjadi kandidat calon presiden terkuat kedua dalam survei Lembaga Penelitian Masyarakat Milenium (LPMM). Survei dengan simulasi tokoh wanita nasional yang dianggap layak untuk dipilih bila Pilpres digelar hari ini.

"Iriana Jokowi menjadi pilihan responden dengan tingkat keterpilihan 17,7 persen," kata Direktur Eksekutif LPMM Daniel Zafnat Paneah dalam rilisnya, Rabu (14/4).

Survei yang digelar pada 26 Maret sampai 8 April 2021 itu menempatkan Ketua DPR Puan Maharani sebagai kandidat dengan elektabilitas tertinggi, yaitu 20,8 persen.

Posisi ketiga ditempati Menteri Keuangan terbaik dunia Sri Mulyani dengan 15,8 persen, disusul Khofifah Indar Parawansa 14,6 persen.

Menteri Sosial Tri Rismaharini di peringkat kelima dengan tingkat keterpilihan 11,8 persen. Responden yang belum atau tidak memilih sebanyak 14,1 persen.

Hal menarik dalam survei ini bahwa responden yan menginginkan calon presiden seorang perempuan sebanyak 46,9 persen. Responden yang memilih laki laki 38,7 persen, kemudian yang tidak mempersoalkan 14,4 persen.

Survei dilakukan terhadap 2.000 responden yang dipilih secara acak di atas usia 17 tahun melalui sambungan telepon di 34 provinsi. Toleransi kesalahan dalam survei ini 2.19 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top