Pemerintah Larang Mudik Lebaran 2021

publicanews - berita politik & hukumMenko PMK Muhadjir Effendy. (Foto: Instagram/muhadjir_effendy)
PUBLICANEWS, Jakarta - Pemerintah memutuskan untuk melarang mudik Lebaran 2021. Larangan tersebut akan berlaku mulai 6-17 Mei 2021.

"Berlaku untuk seluruh ASN, TNI, Polri, BUMN, karyawan swasta maupun pekerja mandiri dan juga seluruh masyarakat," ujar Menko PMK Muhadjir Effendy dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (26/3).

Kebijakan ini dalam rangka mengatasi penyebaran virus Corona. Muhadjir mengingatkan bahwa setiap libur panjang selalu terjadi peningkatan jumlah kasus Covid-19. Meskipun cuti bersama Idul Fitri tetap ada, yakni satu hari, tetapi tidak boleh ada aktivitas mudik.

Sebelum dan sesudah waktu tersebut, ia mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pergerakan atau kegiatan-kegiatan ke luar daerah, kecuali betul-betul dalam keadaan mendesak dan perlu.

Aturan-aturan yang menunjang peniadaan mudik akan diatur oleh kementerian/lembaga terkait. "Di dalamnya akan diatur mengenai langkah-langkah pengawasannya oleh TNI, Polri, Kementerian Perhubungan, pemerintah daerah, dan lain-lain," kata Muhadjir.

Idul Fitri 1442 Hijriah akan jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021, bertepatan dengan hari libur perayaan Kenaikan Isa Almasih. Pemerintah hanya menetapkan libur pada Kamis dan Jumat. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top