Jokowi: Gaungkan Cinta Indonesia, Benci Produk Asing

publicanews - berita politik & hukumPresiden Jokowi memberikan sambutan Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021 di Istana Negara, Kamis (4/3). (Foto: YouTube/sekretariat presiden)
PUBLICANEWS, Jakarta - Presiden Joko Widodo secara terbuka meminta masyarakat tidak hanya menggaungkan cinta produk dalam negeri, tetapi juga sekaligus membenci produk asing.

"Ajakan-ajakan untuk cinta produk-produk kita sendiri, produk-produk Indonesia harus terus digaungkan. Produk-produk dalam negeri gaungkan! Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri," kata Jokowi dalam video yang disiarkan Sekretariat Presiden, Kamis (4/3).

"Bukan hanya cinta, tapi benci. Cinta barang kita, benci produk dari luar negeri," ujar Jokowi dalam sambutan Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021 di Istana Negara, Jakarta, tersebut.

Jokowi menyebutkan mal dari pusat hingga daerah harus memprioritaskan produk dalam negeri, khususnya UMKM. "Jangan sampai ruang depan, lokasi strategis justru diisi oleh brand-brand luar negeri," ujarnya.

Dalam sambutan acara yang diikuti secara virtual di Kemendag itu, Jokowi meminta seluruh pemangku kepentingan agar mengkampanyekan mencintai produk Indonesia lebih dari produk luar negeri.

"Karena penduduk Indonesia, penduduk kita berjumlah lebih dari 270 juta jiwa. Seharusnya adalah konsumen yang paling loyal untuk produk-produk sendiri," katanya.

Kepala Negara mengingatkan 270 juta jiwa merupakan pasar yang sangat besar. Pasar tersebut harus dijaga agar tidak dikuasai oleh produk-produk asing.

Presiden juga menekankan bahwa tugas pokok pada 2021 adalah pemulihan ekonomi dengan taget pertumbuhan ekokomi yang mencapai 5 persen dari minus 2,19 persen pada tahun lalu.

Jokowi meminta jajaran Kemendag melakukan terobosan kreatif dan inovatif dan meninggalkan pola lama. Acara di Istana Negara itu dihadiri, antara lain, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Persahangan Muhammad Lutfi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top