'Geng Solo' Kian Menguat dalam Rotasi Polri

publicanews - berita politik & hukumKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: tribratatv)
PUBLICANEWS, Jakarta - Rotasi pertama di tubuh Polri kian menguatkan 'orang dekat Presiden Jokowi' menduduki posisi di puncak Korps Bhayangkara. Penilaian itu disampaikan Indonesia Police Watch (IPW).

"Orang-orang 'dekat' Jokowi makin memperkuat posisinya di tubuh kepolisian. Setelah menjadi Kapolri, saat ini orang dekat keluarga Jokowi dipercaya memegang posisi Kabareskrim, yakni Komjen Pol Agus Andrianto yang digeser dari Kabaharkam ke Kabareskrim," ujar Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam keterangannya, Jumat (19/2).

Selain Agus, IPW juga menyoroti pengangkatan Irjen Nana Sujana sebagai Kapolda Sulawesi Utara. Padahal Nana pernah dicopot sebagai Kapolda Metro Jaya.

"Ini agak aneh, sebab posisi Nana turun 'derajat', dari Kapolda Metro Jaya menjadi Kapolda Sulut," ujarnya.

Istana Bantah Jokowi Bentuk 'Geng Solo' di Polri

Seperti Sigit, Nana pernah menjadi Kapolresta Solo, yakni pada 2010. Saat itu Walikota dijabat Presiden Joko Widodo. Namun, Nana dicopot karena kasus kerumunan Rizieq Syihab.

Menurut Neta, mutasi perdana ini juga mengganti mantan ajudan presiden SBY Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kabaintelkam dan digeser sebagai Kalemdiklat Polri. Posisinya digantikan Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw. Ini pertama kali bintang tiga di Polri diberikan kepada putra Papua.

Dalam promosi ini, belum terlihat promosi untuk Irjen Wahyu Widada. Kapolda Aceh itu merupakan ketua tim pembuat naskah uji kepatutan Kapolri Sigit di Komisi III DPR beberapa waktu lalu.

Menurut Neta, 'orang-orang BG (Budi Gunawan)' belum terlihat masuk dalam posisi strategis. Sedangkan orang-orang Idham Aziz dan Tito Karnavian masih bertahan di posisi semula. Sigit, ia menambahkan, dalam dua tahun mendatang masih sulit untuk merombak posisi seperti yang ia harapkan. Mutasi kali ini hanya sebatas di bawah jenderal bintang dua. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top