Presiden Jokowi Sampaikan Selamat atas Kemenangan Joe Biden

publicanews - berita politik & hukumPresiden Jokowi dan Joe Biden saat masih wapres AS, bertemu di Naval Observatory, Washington DC, Oktober 2015. (Foto: Twitter/@jokowi)
PUBLICANEWS, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat. Biden memenangkan Pilpres lewat pertarungan ketat dengan petahana Donald Trump.

Lewat akun Twitrer @jokowi, Presiden mengatakan kemenangan Biden sebagai kemenangan bersejarah. "My warmest congratulations @JoeBiden and @KamalaHarris on your historic election. The huge turn out is a reflection of the hope placed on democracy," kata Jokowi, Minggu (8/11).

Jokowi menyampaikan salam terhangat kepada Joe Biden dan Kamala Harris atas kemenangan bersejarah ini.

Joe Biden dipastikan melenggang ke Gedung Putih dengan 290 suara elektoral, melebihi 270 suara elektoral untuk dinyatakan menang. Adapun Trump, masih menurut Associated Press, mendapatkan 214 electoral votes.

Donald Trump Klaim Menang, Pendukungnya Bikin Rusuh

Kemenangan calon dari Partai Demokrat ini mengakhiri 4 tahun masa kepemimpinan Donald Trump dari Partai Republik. Biden akan menjadi presiden tertua sepanjang sejarah AS, ia berusia 78 tahun saat dilantik pada 20 Januari 2021 mendatang.

Pemenang pilpres AS sebetulnya baru akan resmi diumumkan oleh Kongres pada 6 Januari 2021. Mereka bakal menghitung lagi suara elektoral masing-masing kontestan berdasarkan pertemuan anggota Electoral College pada 14 Desember 2020.

Biden adalah mantan wapres era Barack Obama selama 2 periode. Adapun Kamala Harris merupakan senator dan eks Jaksa Agung California, yang akan mengukir sejarah sebagai wanita kulit hitam pertama di kursi nomor 2 Gedung Putih.

Presiden Jokowi pernah bertandang ke rumah Biden di Delware pada 2015 saat berkunjung ke AS. Keduanya berbincang selama 15 menit dalam jamuan santap siang pribadi. (ian)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top