Menlu ke Eropa Amankan Pasokan 6,6 Juta Vaksin Covid-19

publicanews - berita politik & hukumMenteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: Kemlu RI)
PUBLICANEWS, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan tim dari Kementerian Kesehatan akan berangkat ke London, Inggris. Mereka juga akan ke Bern dan Jenewa, Swiss.

Lawatan ke Eropa tersebut dalam rangka mengamankan komitmen dari sumber lain untuk vaksin Covid-19 dalam kerja sama bilateral.

"Dari dua negara itu, kami akan meng-update komitmen sumber vaksin Covid-19," kata Retno dalam press briefing secara virtual, Senin (12/10).

Tim juga berencana bertemu dengan Dirjen WHO, GAV, CEPI dalam Framework COVAX Facilities untuk membahas kerja sama vaksin dalam konteks multilateral. Selain itu mendorong Bio Farma menjalin kerja sama jangka menengah dan panjang dengan mitranya di luar negeri.

Sementara itu, vaksin dari Tiongkok dipastikam akan segera dikirim 6,6 juta dosis pada November nanti. Kepastian itu didapat setelah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir, melawat ke sana pada Sabtu pekan lalu.

Jutaan vaksin berasal dari tiga perusahaan itu sudah pada tahap akhir uji klinis atau tahap ke-3, tinggal mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA. Ketiga vaksin dari Tiongkok yang dipastikan masuk bulan depan yaitu Cansino sebanyak 15-20 juta hingga 2021.

Kemudian G42/Sinopharm mengirim 5 juta dosis pada November nanti. Sinovac sebanyak 3 juta hingga akhir Desember 2020. (Feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top