Relawan Jokowi Ini Yakin Reshuffle Oktober, Berikut Daftarnya

publicanews - berita politik & hukumPresiden Jokowi, Presiden KSPSI Andi Gani Nuwa Wea (kiri) dan Presiden KSPI Said Iqbal usai melakukan pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat, 30 September 2019. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Presiden Joko Widodo akan melakukan reshuffle kabinet dalam setahun pemerintahan periode kedua pada Oktober ini. Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pembina Barisan Penggerak Rakyat Jokowi-Amin (Barak Join) Dady Palgunadi. Bahkan, ia meyakinkan bahwa pengumuman akan dilakukan pada Rabu.

Relawan underbouw PKB itu menunjukkan salah satu indikasinya, yaitu penerbitan Perpres Nomor 95 dan 96 Tahun 2020 yang mengatur posisi wakil menteri di Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM).

"Meski dibantah, itu (Perpress 95/2020) soal pengangkatan. Artinya dua pos baru kekuasaan telah diiyakan Jokowi," kata Dady Palgunadi dalam rilisnya Selasa (6/10).

Aktivis '98 ini menjelaskan, ada lima kelompok yang akan diakomodasi masuk kabinet. Kelompok pertama yaitu sosok lama yang berpengaruh, antara lain Susi Pujdiastuti, Rizal Ramli, Dahlan Iskan, dan Chairul Tanjung.

Kemudian kelompok militer dan kepolisian. Menurutnya, ada nama Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Budi Gunawan, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Kepala Satgas Nasional Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala BNPB Doni Monardo.

Nama lainnya adalah tokoh partai politik yang selama ini belum tertampung. Mereka, antara lain Oesman Sapta Odang, Zulkifli Hasan, Yusril Ihza Mahendra, dan Anis Matta.

Kelompok tokoh muda yang akan direkrut Jokowi yaitu Prananda Prabowo, Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Giring Ganesha.

Kemudian kelompok terakhir yang mepresentasikan aktivis '98 dan relawan Jokowi. Dady menyebutkan beberapa nama, misalnya Adian Napitupulu, Desmond J Mahesa, Eli Salomo, dan Budiman Sujatmiko. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top