Sembuh dari Corona, Dokter Faisal Curhat ke Presiden

publicanews - berita politik & hukumJokowi video call. (Foto: setkab.go.id)
PUBLICANEWS, Jakarta - Dokter Faisal dari RS Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta, mencurahkan isi hati ke Presiden Jokowi via video. Dalam percakapan itu, Jokowi menanyakan jam terbang dokter Faisal yang menangani pasien Covid-19 pertama di Indonesia.

"Bapak tugas di RSPI Sulianti Saroso, sejak kapan bertugas menangani Covid-19?" tanya Jokowi, Minggu (27/9).

"Sejak Januari sudah mulai ada pasien-pasien terduga Covid. Bulan Maret kita mendapat pasien covid di Indonesia," jawab Faisal.

Ia pun menceritakan pengalaman kontak erat dengan sejumlah pasien yang terjangkit. Faisal sempat positif terjangkit dan harus menjalani perawatan.

Ia kemudian dinyatakan sembuh setelah hasil uji swab kembali negatif. Kini ia dapat kembali bertugas. "Saya sudah boleh bertugas. Jadi hari ini saya baru hari pertama bertugas," Faisal menjelaskan.

Jokowi kembali bertanya soal prosedur penanganan pasien. Faisal menjelaskan perawatan di sana sudah sesuai dengan standar dari Kementerian Kesehatan. Begitu pula dengan sarana dan obat-obatan yang tersedia lengkap.

Namun, ia mengeluhkan kekurangan petugas medis. "Tenaga (medis) mungkin masih tetap kurang. Pasien makin bertambah," katanya.

Menurut Faisal, sering berkomunikasi dan memberi motivasi adalah salah satu cara untuk membuat pasien merasa tenang. "Walaupun saya sesak karena tertutup oleh APD, saya suka bercanda-bercanda," ia menambahkan.

Di akhir percakapan, Jokowi mengatakan merasakan apa yang Faisal dan rekan-rekan seprofesinya kini sedang berjuang.

"Saya menyampaikan terima kasih, mengapresiasi yang tinggi, menghargai kerja keras yang tinggi dari para dokter dan tenaga medis yang berjuang," ujar Jokowi. (imo)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Arif K Wibisono @arifkwibisono27 September 2020 | 21:54:27

    Terimkasih Pak dokter. Orang banyak masih membutuhkan bantuan pak dokter. Jaga kesehatan dok.

Back to Top