Busyro Muqoddas Jadi Pengacara Bambang Tri Lawan Sri Mulyani

publicanews - berita politik & hukumMantan Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Mantan Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas membela anak kedua Presiden pertama RI Soeharto, Bambang Trihatmojo. Busyro menjadi pengacara Bambang dalam gugatan melawan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Bambang Tri menggugat Menkeu di PTUN Jakarta pada Selasa (15/9) lalu. Suami penyanyi Mayangsari itu tidak terima dicekal pemerintah karena tidak membayar utang pembiayaan SEA Games 1997.

Busyro mengatakan kasus Bambang bukan pidana korupsi atau pelanggaran HAM sehingga ia bersedia melakukan pembelaan. Ia juga mempersoalkan kasus tersebut tidak pernah dipermasalahkan di era Presiden Gus Dur hingga Susilo Bambang Yudhoyono.

ÔÇťDi era-era persiden sebelumnya tidak pernah diangkat (dan) dipermasalahkan," ujarnya kepada media, Minggu (27/9).

Menkeu Cabut Cekal Bambang Tri Jika Lunasi Utang SEA Games

Ketua Bidang Hukum PP Muhammadiyah itu mengatakan tak ambil pusing menjalankan peran sebagai advokat. "Kode etik advokat itu kan equity before the law. Jadi kesetaraan semua pihak di depan hukum," kata Busyro

Keputusan Busyro membela keluarga Cendana ini menuai sorotan, salah satunya disuarakan peneliti Pusat Kajian Anti Korupsi Universitas Gadjah Mada (Pukat UGM) Zainur Rohman.

Pembelaan tersebut dianggap tidak elok dalam kapasitas Busro sebagai mantan pimpinan lembaga antirasuah. Menurutnya, masyarakat tidak bisa memungkiri bahwa keluarga Cendana banyak dikaitkan dengan kasus korupsi menggurita yang belum tuntas hingga saat ini. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Arif K Wibisono @arifkwibisono27 September 2020 | 22:12:23

    Piye pak. Diujung usia. ­čśą

Back to Top