MAKI Lengkapi Bukti Tambahan Dugaan Pelanggaran Etik Firli Bahuri

publicanews - berita politik & hukumKoordinator MAKI Boyamin Saiman. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Koordinator MAKI Boyamin Saiman memberikan bukti rekonstruksi video dan foto untuk melengkapi laporannya dalam kasus dugaan pelanggaran etik Ketua KPK Firli Bahuri. Boyamin sebenarnya sudah menyampaikannya secara lisan saat dipanggil Dewan Pengawas dalam sidang pertama.

"Bukan bukti baru sih, kemarin baru penyampaian lisan, terus kemudian bukti foto dan video saya rekonstruksi dari Palembang ke Baturaja ke Desa Lontar yang hanya butuh waktu 4,5 jam," ujar Boyamin saat dikonfirmasi, Selasa (15/9) petang.

Boyamin menegaskan, apapun nantinya keputusan yang dijatuhkan Dewan Pengawas kepada Firli Bahuri, ia menerimanya.

"Dinyatakan melanggar saya hormati, dinyatakan tidak melanggar saya hormati. Apapun ini sudah proses Dewan Pengawas dan kita apapun menghormati proses-proses itu," katanya.

Hari ini sebenarnya Dewas menggelar sidang putusan. Namun ditunda 23 September nanti karena Dewas harus menjalani tes swab PCR.

MAKI melaporkan dugaan pelanggaran etik Komjen Pol Firli Bahuri terkait dengan dugaan dua pelanggaran kode etik.

Pertama soal ketidakpatuhan Firli atas protokol kesehatan. Kedua, mengenai gaya hidup mewah dengan menggunakan sebuah helikopter milik perusahaan swasta untuk kepentingan pribadi melakukan ziarah.

Firli diduga telah melanggar kode etik dan pedoman perilaku 'Integritas' pada Pasal 4 ayat (1) huruf c atau huruf n atau Pasal 4 ayat (2) huruf m dan/atau perilaku 'Kepemimpinan' pada Pasal 8 Ayat (1) huruf f Peraturan Dewan Pengawas Nomor 2 Tahun 2020. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top