Jawaban PDIP Soal Pernyataan Ibas di Era SBY Ekonomi Meroket

publicanews - berita politik & hukumWaketum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono. (Foto: Instagram/ibasyudhoyono)
PUBLICANEWS, Jakarta - Pernyataan Waketum Partai Demokrat (PD) Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) soal ekonomi Indonesia meroket pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) medapat kritik dari pendukung Jokowi dan warganet. Tagar #Ibas di linimasa Twitter mempertanyakan klaim Ketua Fraksi Demokrat di DPR itu.

Politikus PDIP PDIP Hendrawan Supratikno menilai banyak proyek infrastruktur mangkrak pasca periode Presiden SBY. "Bayangkan, arus mudik-balik Lebaran saja baru terurai di era Jokowi," kata Hendrawan kepada wartawan, Jumat (7/8).

Menurut Hendrawan, seharusnya pembangunan infrastruktur besar-besaran terjadi dalam dua periode SBY. Ia mencontohkan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang seharusnya sudah rampung pada 2005-2010, tetapi kenyataannya menjadi beban pemerintahan Jokowi.

Anggota Dewan bidang ekonomi itu mengutip penilaian banyak ahli bahwa era SBY sebagai dekade datar. "Bahkan, ada yang menyebut sebagai 'the lost decade' karena harusnya perbaikan infrastruktur dilakukan besar-besaran, sehingga kita lebih siap bersaing di tingkat global," ujar anggota Komisi XI DPR itu tanpa menyebut siapa ahli yang dimaksud.

Hendrawan menambahkan, pemerintahan SBY sebenarnya menikmati apa yang oleh Alan Greenspan disebut 'the great moderation'. Situasi aman karena pertumbuhan ekonomi tinggi berjalan tanpa diikuti inflasi yang tinggi.

Kemarin, Ibas mengatakan rakyat perlu kepastian, kepercayaan, keyakinan, dan bukti. Bukan janji. "Alhamdulillah, kita pernah membuat itu. Ketika zaman mentor kita Pak SBY selama 10 tahun, ekonomi kita meroket," ujarnya.

Anak bungsu SBY itu menjelaskan, saat itu APBN meningkat, utang dan defisit terjaga. Pendapatan rakyat naik, tingkat kemiskinan dan pengangguran menurun.

Tagar #Ibas menjadi trending topic dengan 12.400 komentar lebih. "Kata Tomi jaman Soeharto lbh enak Kata Ibas jaman SBY lbh enak Fitnah terus bapak kalian," pemilik akun @ApriliaLin mencuit.
.
Ia menyatakan tidak elok membandingkan ekonomi di situasi normal dan di tengah pandemi. (feh)

Berita Terkait

Komentar(2)

Login
  1. Muhardi Karijanto @hardidja08 Agustus 2020 | 22:30:03

    Mungkin yg dimaksud Ibas, meroket inflasinya
    Tingkat dan volatilitas inflasi di Indonesia di era SBY (2004 - 2014) lebih tinggi dibanding dengan inflasi di negara-negara berkembang lain. Sementara negara-negara berkembang lain mengalami tingkat inflasi di antara 3 - 5 persen, per tahun, pada periode SBY, tingkat inflasi tahunan rata-rata 8.5 persen. Baru mulai dari tahun 2015 - sekarang (era Jokowi) inflasi di Indonesia boleh dikatakan terkendali, bahkan masuk ke era baru: era inflasi yang rendah, yaitu tidak pernah melebihi 3,5 persen.

    Sebaiknya Ibas belajar statistik ekonomi dulu deh seblum membanggakan prestsi mentornya, hehehe

  2. Cewek Kepo @ceweKepo08 Agustus 2020 | 12:42:19

    nah lho. Gak kebalik nih? Hati hati lho bikin komentar.

Back to Top