KPK Diminta Optimalkan Fungsi Penindakan

publicanews - berita politik & hukumKomisi Pemberantasan Korupsi. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Komisi III DPR meminta KPK mengoptimalkan fungsi-fungsi penindakan dalam penanganan perkara korupsi. Hal itu disampaikan anggota Dewan dalam rapat dengar pendapat secara tertutup di Gedung KPK, siang tadi.

"Khususnya di bidang sumber daya alam, penyalahgunaan wewenang di berbagai institusi, dan korupsi yang merugikan masyarakat terutama yang terjadi pada masa krisis akibat pandemi covid 19," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam rilisnya, Selasa (7/7) malam.

Selain itu, Komisi III juga meminta agar KPK melaksanakan fungsi pencegahan korupsi dan melakukan pengawasan terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dan penggunaan anggaran pada sektor-sektor strategis sehingga dapat membantu meningkatkan pendapatan negara dan kesejahteraan rakyat.

Ali menjelaskan, pertemuan Komisi III dengan pimpinan KPK ini adalah RDP pengawasan yang regular dilakukan Komisi III kepada mitra kerjanya, salah satunya KPK.

"RDP membahas tentang tugas dan fungsi KPK, antara lain penjelasan laporan evaluasi KPK terhadap pelaksanaan relokasi anggaran dan refocusing kegiatan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid 19 yang berpotensi menimbulkan kerugian negara dan rawan terjadinya korupsi," ujar Ali.

RDP juga membahas penanganan kasus-kasus yang menarik perhatian masyarakat dan hambatan-hambatannya.

Sebelumnya Ketua Komisi III Herman Hery mengatakan dalam pertemuan tadi, Komisi III juga mengkonfirmasi soal prosedur penyadapan, penyitaan, hingga penggeledahan. Misalnya, mengapa ada kasus yang terkatung-katung penanganannya. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top