PDIP Belum Diundang Jokowi Bahas Reshuffle

publicanews - berita politik & hukumPresiden Joko Widodo dan Megawati Soekarnoputri. (Foto: Biro Pers Setpres)
PUBLICANEWS, Jakarta - PDIP belum diundang Presiden Joko Widodo untuk membahas rencana reshuffle kabinet. Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga mengatakan, biasanya Jokowi mengundang ketua umum untuk membahas hal itu.

"Kalau ada seperti itu (reshuffle), pasti akan ada pemberitahuan kepada ketua umum, mengajak ketua umum bertemu. Sampai saat ini, secara resmi ataupun secara nonformal kami belum melihat itu," ujar Eriko di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/6).

Menurut anggota DPR itu, Jokowi selalu memberi tahu para ketua umum partai pendukung jika hendak melakukan perombakan kabinet.

Ia melihat opsi pergantian pembantu presiden di kabinet sebagai hal yang positif. Reshuffle, katanya, bukan sebuah hal yang salah.

"Kalau dalam bermain sepak bola beliau memerlukan penggantian pemain atau pergantian profesional yang mengerjakan tugas-tugas. Itu kan sah-sah saja," ujarnya.

Eriko menambahkan, apa yang disampaikan Jokowi bisa diartikan sebagai upaya memotivasi atau memberi semangat. Tiap pemimpin memiliki cara tersendiri untuk menegur bawahannya.

"Masing-masing pemimpin mempunyai karakternya sendiri, dan menurut kami ini hal-hal yang sangat wajar apa yang disampaikan kemarin," Eriko menjelaskan.

Jokowi menyampaikan peringatan keras kepada menterinya dalam Sidang Kabinet Paripurna pada 18 Juni lalu. Jokowi yang menyatakan akan mencopot menteri kabinet ataupun reshuffle. "Sudah kepikiran ke mana-mana saya," katanya.

Pada periode pertama menjabat presiden, Jokowi beberapa kali melakukan pergeseran dan pencopotan menteri. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top