Hari Pancasila, Ketua KPK Harap Tidak Hanya Seremonial

publicanews - berita politik & hukumKetua KPK Komjen Pol Firli Bahuri. (Foto:Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Ketua KPK Komjen Pol Firli Bahuri mengatakan momentum perayaan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni, perlu dimaknai dalam upaya pemberantasan korupsi. Oleh karena itu seyogianya menjadi perhatian serius semua pihak.

"Karena korupsi jelas sangat menyalahi prinsip-prinsip dasar Pancasila, dasar negara kita. Hanya dengan mengamalkan sila-sila dari Pancasila, hunusan bilah pedang antikorupsi mampu melesak cepat, tertuju menusuk dan mematikan detak jantung laten korupsi," ujar Firli dalam rilisnya, Senin (1/6).

Hilangnya korupsi di Indonesia, Firli menambahkan, menjadi harapan bersama demi keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia. Untuk itu peringatan Hari Lahir Pancasila, tidak sakedar seremoni tahunan. Apalagi diisi dengan ingar-bingar perayaan di tengah situasi pandemi Covid-19.

"Sekali lagi, makna , esensi, dan nilai-nilai dari kelima butir Pancasila yang menjadi satu kesatuan utuh dan saling mengikat serta memiliki makna yang seharusnya menjadi landasan hidup berbangsa dan bernegara," katanya.

Ia berharap Pancasila bukan menjadi hafalan semata, namun nilai-nilai luhur di dalamnya perlu untuk direfleksikan dalam sendi kehidupan sehari-hari.

"Ingat, berani korupsi sama saja berani mengkhianati nilai-nilai dari setiap butir dari yang ada di dalam Pancasila," Firli menegaskan. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top