Belum Capai Kuota, Pendaftaran Calon Komisioner KY Diperpanjang

publicanews - berita politik & hukumKetua Pansel calon anggota KY Maruarar Siahaan. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Pansel pemilihan calon anggota Komisi Yudisial (KY) periode 2020-2025 memperpanjang masa pendaftaran hingga 12 Juni 2020. Ini merupakan perpanjangan kedua setelah sebelumnya diundur hingga 15 Mei.

Ketua Pansel Maruarar Siahaan mengungkapkan, alasan perpanjangan karena pendaftar belum memenuhi kuota. Banyak calon pendaftar terhambat memenuhi dokumen persyaratan karena pandemi Covid-19.

"Misalnya kelengkapan surat-surat sulit diperoleh karena lembaga dan kantor yang mengurus itu sedang fokus pandemi, seperti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Kesehatan, dan sebagainya," ujar Maruarar di Jakarta, Kamis (21/5).

Pendaftaran calon komisioner yabg dibuka sejak 1 April ini dilakukan secara daring lewat situs www.setneg.go.id. Pansel, Maruarar menambahkan, ingin memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat untuk mendaftarkan diri.

"Kalau kondisi seperti sekarang masih berlanjut, kita akan melaksanakan tes tertulis dan profile test secara online," ujar Maruarar.

Pansel berharap secepatnya menemukan calon yang memiliki kompetensi dari sudut KY, yakni menguasai pengetahuan hukum acara dan mengerti etik-etik hakim. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top