Mendikbud Bolehkan Dana BOS untuk Beli Kuota Internet

publicanews - berita politik & hukumMenteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. (Foto: Kemdikbud.go.id)
PUBLICANEWS, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim membolehkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk membeli kuota internet bagi guru dan murid.

Menurutnya, saat ini internet menjadi penunjang utama kegiatan belajar mengajar sistem daring di tengah masa karantina karena wabah Covid-19.

"Dana BOS kita adaptasi selama masa krisis ini. Jadi diperbolehkan dana BOS untuk menambah subsidi kuota siswa," kata Nadiem dalam video conference di kantornya, Kamis (9/4).

Mendikbud akan bekerja sama dengan provider dan aplikasi video konferensi guna melakukan pembelajaran daring. Ia mengingatkan penggunaan dana BOS untuk kuota internet harus dikonsultasikan bersama guru dan kepala sekolah.

"Karena memang susah membedakan antara akun untuk pembelajaran dan untuk masyarakat secara general," ujarnya.

Kepala sekolah, Nadiem menambahkan, memiliki hak untuk menggunakan dana BOS sebagai pendukung kegiatan belajar agar tetap berjalan meski dari rumah masing-masing.

"Jadinya itu tahap kedua bagi kita untuk melihat apa aja video conferencing yang digunakan agar kita bisa mendapatkan bit rate terbaik dari Telco," ia menjelaskan.

Kemendikbud telah merevisi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler. Revisi tersebut recananya diterbitkan pada Selasa (14/4) nanti. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top