Virus Corona

DPR Ingatkan Pemerintah Jangan Berutang ke Luar Negeri

publicanews - berita politik & hukumWakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar. (Foto: dpr.go.id)
PUBLICANEWS, Jakarta - Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar khawatir besarnya anggaran untuk penanggulangan bencana Covid-19 dan restrukturisasi ekonomi di Indonesia dapat menambah jumlah utang luar negeri.

"Dengan jumlah anggaran terbatas yang dimiliki Indonesia justru akan membuka potensi godaan berutang kepada luar negeri. Jangan sampai karena besaran utang membuat Indonesia tidak merdeka," kata Muhaimin dalam keterangan pers di Gedung Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa (31/3).

Ketua Umum PKB ini berharap pemerintah memiliki solusi logis, cepat, dan tepat untuk menutupi kebutuhan anggaran yang besar dalam situasi bencana nasional seperti saat ini. Ia mengusulkan sebaiknya utang dari dalam negeri.

"Tidak apa-apa negara ini berhutang kepada mereka yang kaya di negeri ini, intinya dari dalam negeri sendiri. Mari dikumpulkan agar Indonesia dapat merdeka," ujar Muhaimin, yang minta disapa Gus Ami dan bukan Cak Imin.

Ia juga mengingatkan agar pemerintah punya kebijakan rasional. Segala kebijakan, mulai anggaran sampai dampak ekonominya, harus dipikirkan pemerintah.

Kepada kader PKB, Muhaimin juga meminta mereka berperan aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang gaya hidup sehat sampai cara berinteraksi yang wajar. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top