Prosesi Pemakaman Ibunda Jokowi Dilakukan Layaknya Warga Sipil

publicanews - berita politik & hukumPresiden Joko Widodo melepas kepergian ibunda Sujiatmi Notomiharjo, Kamis (26/3) siang. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Pemakaman jenazah Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo, berlangsung hikmat. Tanpa acara kenegaraan dan berlangsung singkat.

Almarhumah Sujiatmi dikebumikan di pemakaman keluarga di Dukuh Mundu, Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (26/3).

Ambulan pembawa jenazah tiba pukul 13.10.WIB. Sang cucu, Gibran Rakabuming, turun dari ambulans membawa foto almarhumah. Presiden Jokowi menyusul dari mobil yang berada di belakang ambulan.

Paspampres kemudian menurunkan peti jenazah dan mengusungnya ke area pemakaman. Jenazah kemudian dimakamkan diiringi tahlil. Ibu dari Jokowi itu ditempatkan di liang lahat yang bersebelahan dengan makan almarhum suaminya.

Pemakaman dilaksanakan sebagaimana masyarakat sipil. Meski peti jenazah dibawa oleh sejumlah anggota Paspampres berseragam protokol kenegaraan merah putih, tetapi tanpa prosesi kenegaraan.

Proses pemakaman selesai pukul 13.50 WIB. Di pemakaman tidak tampak Ibu Negara Iriana. Pejabat yang hadir seperti Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko, Bupati Karanganyar Juliyatmono, dan lainnya.

Sesuai protokol kesehatan di tengah pandemi Corona, Jokowi, Gibran, dan para pelayat mengenakan masker. Pelayat diminta mencuci tangan saat memasuki lokasi dan berdiri berjarak. Tak ketinggalan penyemprotan disinfektan di lokasi pemakaman.

Ibu dari Presiden Jokowi tutup usia pada Rabu (25/3) pukul 16.45 WIB di RS Slamet Riyadi di Solo karena menderita sakit kanker.

Sujiatmi lahir pada 15 Februari 1943, beliau wafat pada usia 77 tahun. Ia menikah dengan Widjiatno Notomiharjo dan dikarunia empat orang anak. Jokowi adalah anak pertama yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 21 Juni 1961. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Cewek Kepo @ceweKepo26 Maret 2020 | 18:07:08

    Selamat jalan ibu semoga khusnul hotimah.

Back to Top