Koalisi PDIP dan Gerindra Menguat, Demokrat Ogah Dukung

publicanews - berita politik & hukumPresiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Ketua DPR RI Puan Maharani foto bersama di depan patung Bung Karno yang telah diresmikan di Akmil Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2). (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Partai Demokrat tidak akan mendukung koalisi Partai Gerindra dan PDIP yang kian mesra pasca bergabungnya Prabowo Subianto di Kabinet Presiden Joko Widodo. Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Arief mengatakan 2024 masih jauh tetapi kedua partai telah memulai genderang bersatu.

"Tahun 2024 masih lama. Tapi PDIP dan Gerindra memulai genderang bersatu dari sekarang," kata Andi Arief lewat akun Twitternya, @AndiArief_, Jumat (28/2).

Andi mengatakan menguatnya PDIP dan Gerindra merupakan hal biasa tetapi ia menilai hal itu tak elok karena berkaitan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pak Jokowi kekuasaannya berusia muda di jabatan ke dua," ujar Andi menilai dampak mesranya kedua partai yang pernah berkongsi pada Pilpres 2009 itu.

Aktivis '98 itu menegaskan bersekutunya PDIP dan Gerindra sudah tampak dalam mengusung calon wakil gubernur DKI Jakarta. Diketahui DPRP DKI Jakarta sedang menggodok pendamping Gubernur Anies Baswedan.

Gerindra mengusung Ahmad Riza Patria untuk mengisi kursi wakil gubernur yang kosong setelah ditinggalkan Sandiaga Uno. Bila harus voting, untuk mengalahkan kandidat PKS Murmansjah, dibutuhkan suara PDIP yang dominan di parlemen Kebun Sirih.

"Perang pertama dimulai pemilihah Cawagub DKI. Tidak mungkin Demokrat mendukung koalisi Gerindra dan PDIP," ujar Andi menyuarakan sikap partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Diketahui selain di DKI Jakarta, kekompakan PDIP-Gerindra juga sudah tampak di Pilwalkot Medan dan Solo. Gerindra menyatakan ikut mengusung menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution, di Pilwalkot Medan.

Prabowo yang kini menjabat Menteri Pertahanan juga banyak disebut telah menginstruksikan untuk mendukung anak sulung Jokowi Gibran Rakabuming Raka sebagai calon walikota Solo. (feh)

Berita Terkait

  • Tidak ada berita terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top