Duet dengan Prabowo di Pilpres 2024, Puan: Belum Kepikiran

publicanews - berita politik & hukumSwafoto Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, dan Puan Maharani. (Foto: Instagram/@puanmaharani)
PUBLICANEWS, Jakarta - Simulasi pasangan capres-cawapres untuk Pilpres 2024 menempatkan duet Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Ketua DPR Puan Maharani di posisi teratas.

Namun, Puan masih enggan berkomentar soal duet hasil survei Indo Barometer itu. "Belum ada yang ngomong kayak begitu, belum kepikiran juga. Belum mikir 2024, masih 2020 ini banyak urusan yang harus dibenahi, yang harus diurus, banyak urusan yang harus diselesaikan," kata Puan di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Senin (24/2).

Menurut Puan, elektabilitas tertinggi karena faktor Prabowo yang sudah berkali-kali ikut dalam kontestasi pilpres. "Jadi kalau rakyat mengenal ya pastinya iya, karena ikut terus dalam kontestasi nasional," kata Puan menjelaskan.

Puan mengatakan PDIP mempunyai mekanisme yang harus diikuti baik kader ataupun simpatisan bila ingin berkontestasi dalam Pilpres 20024. "Kalau kita mau bicara pilpres itu masih lama, masih 2024," ujarnya mengingatkan.

Meski demikian, ia mengakui hasil survei Indo Barometer akan menjadi tantangan partai dalam mempersiapkan diri dalam ajang demokrasi lima tahunan itu.

"Pasti dengan keluarnya survei ini tentu saja menjadi tantangan dan beban bagi PDIP. Ini tantangan bagi PDIP bagaimana menjaga kepercayaan rakyat tersebut agar bisa insyaAllah kita buktikan di 2024," katanya.

Diketahui, dalam rilisnya, Indo Barometer melakukan simulasi pasangan kandidat Pilpres 2024. Duet Prabowo-Puan unggul melawan pasangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Waketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Elektabilitas pasangan Prabaowo-Puan mencapai 37 persen sedangan Anies-AHY raih 25,2 persen. Saat dihadapkan Anies-Airlangga Hartarto, Prabowo Puan raih 39,3 persen berbanding 21,9 persen.

Nama Prabowo tetap unggul saat disandingkan dengan anak Megawati, Muhammad Prananda Prabowo. Ketika dihadapkan pada Anies-AHY. Prabowo-Prananda meraih 35,4 persen dan Anies-AHY mendapat 26,2 persen.

Survei dilakukan pada 9 – 15 Januari 2020 di 34 provinsi, terhadap repsonden berusia 17 tahun ke atas. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan 1.200 responden dengan margin of error sebesar 2,83 persen, serta tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka dengan responden menggunakan kuesioner.(feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top