Elektabilitas Tertinggi Capres 2024, Anies Baswedan Banyak Dijegal

publicanews - berita politik & hukumGubernur Anies Baswedan (Foto: Facebook/@aniesbaswedan)
PUBLICANEWS, Jakarta - Survei Indo Barometer menunjukkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki elektabilitas paling tinggi sebagai kepala daerah bila dicalonkan sebagai kandidat dalam Pilpres 2024.

Hasil itu membuat banyak pihak ingin menjegal langkah mantan Mendikbud itu. Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin mengatakan banyak serangan terhadap Anies.

Namun, ia menekankan agar materi yang dijadikan amunisi menjegal Anies bukan bersifat personal tetapi kebijakan saat menjabat gubernur.

"Kalau kritik ke personal itu bisa masuk kategori sentimen dan tidak suka pada Anies,” ujar Ujang Komarudin kepada wartawan, Senin (24/2).

Diketahui dalam survei pada 9-15 Januari 2020 di 34 provinsi, sebanyak 31,7 persen mendukung Anies sebagai capre 2024. Elektabilitas Anies meninggalkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (11,8 persen), Walikota Surabaya Tri Rismaharini (9,9 persen), dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (8,2 persen).

Selanjutnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (5,6 persen) disusul Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (0,8 persen). Dalam survei ini, masih 32 persen responden belum menyatakan pilihannya.

Survei dilakukan terhadap responden berusia 17 tahun ke atas. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan 1.200 responden dengan margin of error sebesar 2,83 persen, serta tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka dengan responden menggunakan kuesioner.(feh)

Berita Terkait

  • Tidak ada berita terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top