Mahfud Jamin Tindak Lanjut Kasus Paniai Dilakukan Terbuka

publicanews - berita politik & hukumMenko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menjamin akan menindaklanjuti laporan Komnas HAM soal pelanggaran HAM berat di Paniai, Papua.

Mahfud mengatakan ingin menindaklanjuti laporan itu secara terbuka agar masyarakat mengetahui perkembangan kasusnya.

"Saya jaminlah bahwa itu akan di-follow up. Dan itu terbuka saja follow up-nya. Tidak akan diam-diam gitu," ujar Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/2).

Namun, hasil penyelidikan Komnas HAM belum ia terima. Oleh karenanya ia belum bersedia memberikan banyak komentar. "Kalau sudah masuk nanti kami akan follow up, dipelajari apakah bisa diteruskan ke tahap berikut atau harus dilengkapi dengan apa dulu nanti kita lihatlah," katanya.

Diketahui hasil sidang paripurna khusus Komnas HAM yang digelar pada 3 Februari 2020 menyatakan terjadi pelanggaran HAM berat peristiwa Paniai.

Ketua tim adhoc Paniai Choirul Anam menegaskan, peristiwa tersebut memenuhi unsur kejahatan kemanusian. Pelanggaran berat dilakukan anggota TNI dan kepolisian. Pembunuhan dilakukan sistematis atau meluas ditujukan kepada penduduk sipil.

Saat itu 4 orang tewas dan belasan mengalami luka tembak. Komnas HAM berharap kasus tersebut diselesaikan di pengadilan. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top