Mei Kongres Demokrat, AHY atau Ibas Gantikan SBY?

publicanews - berita politik & hukumAHY dan Ibas saat berjunjung ke Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (15/2). (foto: Instagram/@agusyudhoyono)
PUBLICANEWS, Jakarta - Partai Demokrat (PD) akan menggelar kongres pada Mei 2020 mendatang. Salah satu agenda utamanya, banyak disebut, adalah pemilihan ketua umum. Pendiri PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menjabat ketua umum sejak 2013, ketika ia mengambil alih dari Anas Urbaningrum yang terjerat kasus korupsi.

SBY didampingi anak keduanya Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas sebagai sekretaris jenderal. Sedangkan anak sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mulai aktif di PD setelah pensiun dini dari dinas militer dengan pangkat terakhir Mayor TNI, pada 2016.

Di tangan Ibas atau AHY diduga PD akan berlabuh. Wakil Ketua Umum PD Syarief Hasan mengatakan keduanya sama-sama berpeluang besar menjadi ketua umum.

"Kalau mayoritas memilih, tentu Pak SBY akan dengan ikhlas akan memberikan kepemimpinan itu kepada yang lebih muda," kata Syarief di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/2).

Menurut suami Ingrid Kansil itu, baik AHY dan Ibas tidak mungkin bertarung dalam perhelatan kongres untuk menduduki posisi puncak PD. "Nanti itu kan ada masing-masing kan ada porsinya masing-masing. Kita hanya tahu bahwa di Demokrat banyak calon-calon pemimpin lah," ujarnya.

Syarief memuji AHY sebagai tokoh muda paling menonjol bahkan pernah ikut kontestasi Pilgub DKI Jakarta 2017 dan masuk bursa Pilpres 2019. Meski belum berhasil di kedua ajang itu, AHY dinilai sebagai sosok yang tegar.

"Dia tetap tegar, sosok seorang yang tegar, anak muda yang tegar, menyadari bahwa kegagalan itu keberhasilan yang tertunda," Syarief memuji.

Saat ini AHY, ia menambahkan, sudah gencar berkeliling ke daerah. Bahkan, AHY diberi mandat dari SBY untuk melakukan konsolidasi kader dan kepengurusan di daerah.

Mantan Menteri Koperasi dan UMKM ini juga memuji Ibas sebagai kader muda PD yang sangat potensial. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top