Pengurus Baru PAN Segera Diumumkan, di Mana Amien Rais?

publicanews - berita politik & hukumHatta Rajasa berbincang denganZulkifli Hasan bersama Amien Rais dalam pembukaan Kongres IV Partai Amanat Nasional (PAN), Bali, 28 Februari 2015. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan akan segera mengumumkan pengurus periode 2020-2025. Banyak posisi yang diduga sebagai hasil tarik-menarik kepentingan yang sengit di internal partai berlogo matahari terbit itu.

Kembali berkiprahnya Hatta Rajasa yang sudah mendapat posisi sebagai Ketua Majelis Penasehat Partai (MPP) PAN diduga akan ikut menentukan warna PAN 5 tahun ke depan.

Posisi Sekjen kabarnya mengerucut pada dua kandidat kuat, yaitu Tjatur Sapto Edy yang diusung Hatta Rajasa dan petahana Yandri Susanto yang selama ini merupakan loyalis Zulhas, sapaan Zulkifli Hasan.

Tak kalah panasnya yaitu posisi Amien Rais. Eks Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menegaskan jabatan Dewan Kehormatan ada dalam AD/ART. Namun, soal siapa yang duduk di kursi itu, Viva tidak bersedia memastikan Amien Rais. "Terserah Ketua Umum," ujar Viva Yoga kepada wartawan, Senin (17/2).

Hal senada disampaikan mantan Wakil Ketua Umum Bima Arya Sugiarto. "Dewan Kehormatan ini prerogatif dari ketua umum," katanya.

Walikota Bogor itu menjelaskan, posisi Dewan Kehormatan tidak dipilih dalam kongres tetapi ditunjuk atau dipilih ketua umum. "Tapi, apakah Pak Amien masih di dalam atau tidak, ini sudah pembicaraan tingkat dewa," ia menambahkan.

Amien Rais sendiri dikabarkan tidak akan berpolitik lagi. Hal itu disampaikan saat mengumpulkan pendukung kandidat ketua umum Mulfachri Harahap pasca kontestasi ketum di Kongres V PAN di Kendari.

Meski lengser, jejak Amien Rais akan diwakilkan anaknya Ahmad Mumtaz Raiz, sekaligus menantu Zulhas. Mumtaz ikut hadir dalam konferensi pers kemenangan Zulhas. Ia menyatakan siap untuk ditempatkan di posisi apapun dalam kepengurusan mertuanya.

Sementara itu, PAN di bawah Zulhas dikabarkan juga akan merapat ke kubu Jokowi. Bahkan, Asmnan Abnur yang mendadak mundur menjelang kontestasi ketua umum, kabarnya, telah bersepakat dengan Zulhas untuk mendapat posisi wakil ketua umum sekaligus diprioritaskan masuk kabinet.

Asman pernah menjabat Menteri PAN-RB dalam Kabinet Kerja Joko Widodo (Jokowi). Ia mundur setelah PAN pada Pilpres 2019 tidak mendukung Jokowi. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top