Kemendikbud Serukan Sekolah Lakukan Verifikasi Agar Dapat Dana BOS

publicanews - berita politik & hukumKepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud Ade Erlangga Masdiana. (Foto: Publicanews/Hartati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) hanya diberikan kepada sekolah yang terverifikasi pada Data Pokol Pendidikan (Dapodik). Saat ini baru ada 136 ribu sekolah negeri yang terdata dan bisa mendapatkan BOS.

"Sisanya sekitar 120 ribu sekolah harus benar-benar melakukan verifikasi agar dana BOS disalurkan," kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud Ade Erlangga Masdiana dalam diskusi 'Skema Dana BOS, Kenapa Di Ubah?' di Hotel Ibis Jakarta Pusat, Sabtu (15/2).

Oleh karena itu sekolah diminta melakukan verifikasi jika ingin mendapatkan BOS. Kemendikbud saat ini tengah melakukan perubahan untuk transparansi membuat record yang sesungguhnya.

"Nanti enggak ada lagi record yang bohong-bohongan, cara-cara membuat laporan yang tidak akuntabel dan tidak transparan," ujar Erlangga.

Sekolah, ia menambahkan, juga harus memiliki rekening. Kementerian Keuangan sebagai pihak penyalur dana BOS akan langsung mentransfer uang tersebut, tidak lagi melalui pemerintah daerah.

Menurut Erlangga, maksimum 50 persen dana BOS tersebut bisa untuk guru honorer. "Syaratnya punya NUPTK (Nomor Unit Pendidikan Terakhir), kemudian terdaftar sebelum 31 Desember," Erlangga menandaskan. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top