Komisi XI Bentuk Panja Selamatkan Uang Nasabah

publicanews - berita politik & hukumKonferensi pers Panja Pengawasan Kinerja Industri Jasa Keuangan dihadiri ketua dan wakil ketua Komisi XI DPR RI, di ruang rapat Komisi XI DPR RI, Selasa (21/1). (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Komisi XI DPR membentuk panitia kerja (panja) pengawasan keuangan. Tidak hanya sebatas menangani PT Asuransi Jiwasraya (Persero), tetapi juga membahas PT Asabri, AJB Bumiputera 1912, PT Taspen (Persero), dan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

"Karena situasi dan perkembangan yang cukup dinamis akhir-akhir ini kami memutuskan untuk membuat panja pengawasan keuangan," kata Ketua Komisi XI Dito Ganinduto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/1).

Pembentukan panja pengawasan kinerja industri keuangan, menurut Dito, telah disepakati dalam rapat internal Komisi XI pada Senin kemarin. Ia menegaskan bahwa permasalahan keuangan tidak hanya menyangkut Jiwasraya.

Dito meminta masyarakat tidak perlu khawatir karena Komisi VI yang membawahi BUMN dan Komisi XI serta Komisi III bersepakat untuk menyelamatkan hak uang nasabah segera mungkin.

"Jiwasraya ini sudah setengah jalan, dan kita sudah tahu exit-nya adalah pengembalian dana nasabah yang sudah dijanjikan oleh Menteri BUMN (Erick Thohir)," Dito menjelaskan.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi XI Eriko Sotarduga mengatakan, panja akan melakukan evaluasi dari semua badan pengawas baik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ataupun Bank Indonesia (BI).

Tak menutup kemungkinan mengevaluasi RUU baik mengenai BI, OJK, atau industri keuangan lainnya. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top