Mahfud MD Pimpin Rapat Koordinasi Pengamanan Natal

publicanews - berita politik & hukumRapat Kordinasi Lintas Sektoral Bidang Operasional membahas pengamanan jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. (Foto: FWP)
PUBLICANEWS, Jakarta - Menkopolhukam Mahfud MD menggelar Rapat Kordinasi Lintas Sektoral Bidang Operasional. Rapat membahas pengamanan jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Rakor tertutup itu mempersiapkan mekanisme Operasi Lilin 2019 yang dilakukan jajaran Polri dan TNI.

"Fokusnya untuk menjamin keamanan dan ketentraman masyarakat. Dan kita juga menyiapkan segala sesuatunya," kata Mahfud yang disampaikan di Auditorium STIK/PTIK, Jakarta Selatan, Jumat (13/12).

Mahfud mengatakan pertemuan tersebut adalah kunjungan kerja rutin memantau kinerja Polri dan TNI dalam menjaga keamanan hingga pergantian tahun.

"Saya yakin Natal dan Tahun Baru 2020 dapat berjalan baik karena kesiapan segenap stakeholder terutama TNI dan Polri," ujarnya.

Rakor dihadiri Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dan Kepala Basarnas Marsdya TNI Bagus Puruhito.

Selanjutnya, Polri akan menerjunkan 100 ribu personel dalan Operasi Lilin 2019 yang berlangsung mulai 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Argo Yuwono mengatakan seluruh Polda melakukan pendataan informasi yang telah diserahkan kepada Asisten Operasi Kapolri.

"Data tersebut digunakan untuk memetakan prioritas pengamanan saat perayaan Natal dan Tahun Baru," Argo menjelaskan.

Polri, kata Argo, juga memprioritaskan pengamanan dalam mengurai penumpukan kendaraan dan tempat-tempat ibadah.

"Tentunya semua jajaran di Polres akan berkomunikasi dengan gereja, didata kegiatannya," ujarnya.

Dari sisi TNI siap menerjunkan 17 ribu lebih personel di beberapa titik rawan konflik yang sudah dipetakan sebelumnya.

"Akan melibatkan massa dan kendaraan jumlah banyak sehingga butuh pelayanan publik di setiap tempat dan tentunya jaminan keamanan yang prima," Hadi menambahkan. (imo)

Berita Terkait

  • Tidak ada berita terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top